Tes Sigap, Wabup Telepon Call Center PSC 119

Mulyadi_ganie , 06 Februari 2018

 

Saat berbincang dengan para jurnalis terkait perkembangan Bulukumba di ruang media center Kantor Bupati, Wakil Bupati Tomy Satria Yulianto tiba-tiba menyampaikan kepada jurnalis bahwa ia ingin mengetes layanan Public Safety Center (PSC) atau pusat layanan kegawatdaruratan terpadu yang baru saja diresmikan oleh Gubernur Syahrul Yasin Limpo pada peringatan Hari Jadi Kabupaten Bulukumba kemarin. Tomy Satria lalu mengontak nomor call center 119 melalui telepon genggamnya.

Saat menelepon, ia mengaku bernama Ahmad yang berada di kantor media center, dan menyampaikan jika ada temannya yang sedang sakit kejang-kejang. Tomy Satria Yulianto pun mengapresiasi kesigapan PSC dalam melakukan tanggap darurat, tim yang tergabung dari perawat, bidan dan driver berhasil datang menggunakan ambulans, lengkap dengan alat medis seperti tandu dan alat infus serta Pertolongan Pada Kecelakaan (P3K) dengan waktu 5 menit 24 detik, setelah telepon ditutup.

”Bagus tawwa, sangat responsif. Ini merupakan uji coba untuk mengetes tanggap darurat mereka dalam memberikan pertolongan kepada masyarakat,” ujar Tomy saat menerima petugas tersebut di ruang media center, Selasa (6/2).

Tim PSC yang dipimpin Ihwan, kaget karena mereka justru mendapati Wakil Bupati bersama rekan-rekan jurnalis memberikan standing applause atas kesigapan mereka, sesaat setelah tiba di ruangan.

Mendapati para petugas medis yang tiba-tiba masuk kantor Bupati, para Satpol PP yang bertugas di front office juga terkaget-kaget dan bertanya-tanya siapa yang sakit.

Setelah tes atau simulasi itu berlangsung, Wakil Bupati berharap tidak boleh ada pihak yang mencoba-coba memberikan laporan palsu saat menghubungi PSC, bagi yang melakukan hal tersebut akan dikenakan sanksi. Apa yang dilakukannya murni untuk mengetes layanan publik yang dimiliki pemerintah, dan dirinya mengapresiasi responsibilitas yang dilakukan oleh para petugas PSC saat melaksanakan tugas.(A3)

Artikel Lainnya :

Menuju Pariwisata Internasional, Pemkab Bulukumba MoU dengan Pemprov Sul Sel

  Dalam rangka pengembangan pariwisata Bulukumba, Pemerintah Kabupaten Bulukumba bersama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menandatangani perjanjian kerjasama Pariwisata Bulukumba Go Internasional, di Hotel Claro, Selasa 4 November...

BPJS Tenaga Kerja Harap Tenaga Honor Pemda Ikut Menjadi Peserta

  Pihak BPJS Tenaga Kerja terus berupaya meningkatkan jumlah kepesertaannya, termasuk dari para tenaga honorer di lingkup Pemerintah Kabupaten Bulukumba. Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Pemasaran BPJS Tenaga Kerja Cabang Makassar, Harry...

Ramah Tamah HUT Korpri Dirangkai dengan Maulid Nabi Muhammad SAW

  Jajaran Pemerintah Kabupaten Bulukumba merangkaikan ramah tamah dalam rangka HUT Korpri dan PGRI, dengan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, yang dilaksanakan di rumah jabatan Bupati, Kamis malam (29/11). Ratusan undangan dari unsur...

Bupati dan Wabup Coffee Morning dengan Para Jurnalis.

  Usai pelaksanaan upacara HUT Korpri di lapangan Pemuda. Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba melakukan Coffee Morning dengan para jurnalis yang ada di Kabupaten Bulukumba, di ruang Rapat Bupati, Kamis (29/11). Pada pertemuan itu, Bupati...