Tes Sigap, Wabup Telepon Call Center PSC 119

Mulyadi_ganie , 06 Februari 2018

 

Saat berbincang dengan para jurnalis terkait perkembangan Bulukumba di ruang media center Kantor Bupati, Wakil Bupati Tomy Satria Yulianto tiba-tiba menyampaikan kepada jurnalis bahwa ia ingin mengetes layanan Public Safety Center (PSC) atau pusat layanan kegawatdaruratan terpadu yang baru saja diresmikan oleh Gubernur Syahrul Yasin Limpo pada peringatan Hari Jadi Kabupaten Bulukumba kemarin. Tomy Satria lalu mengontak nomor call center 119 melalui telepon genggamnya.

Saat menelepon, ia mengaku bernama Ahmad yang berada di kantor media center, dan menyampaikan jika ada temannya yang sedang sakit kejang-kejang. Tomy Satria Yulianto pun mengapresiasi kesigapan PSC dalam melakukan tanggap darurat, tim yang tergabung dari perawat, bidan dan driver berhasil datang menggunakan ambulans, lengkap dengan alat medis seperti tandu dan alat infus serta Pertolongan Pada Kecelakaan (P3K) dengan waktu 5 menit 24 detik, setelah telepon ditutup.

”Bagus tawwa, sangat responsif. Ini merupakan uji coba untuk mengetes tanggap darurat mereka dalam memberikan pertolongan kepada masyarakat,” ujar Tomy saat menerima petugas tersebut di ruang media center, Selasa (6/2).

Tim PSC yang dipimpin Ihwan, kaget karena mereka justru mendapati Wakil Bupati bersama rekan-rekan jurnalis memberikan standing applause atas kesigapan mereka, sesaat setelah tiba di ruangan.

Mendapati para petugas medis yang tiba-tiba masuk kantor Bupati, para Satpol PP yang bertugas di front office juga terkaget-kaget dan bertanya-tanya siapa yang sakit.

Setelah tes atau simulasi itu berlangsung, Wakil Bupati berharap tidak boleh ada pihak yang mencoba-coba memberikan laporan palsu saat menghubungi PSC, bagi yang melakukan hal tersebut akan dikenakan sanksi. Apa yang dilakukannya murni untuk mengetes layanan publik yang dimiliki pemerintah, dan dirinya mengapresiasi responsibilitas yang dilakukan oleh para petugas PSC saat melaksanakan tugas.(A3)

Artikel Lainnya :

MTQ ke-46 Bulukumba, Bupati Tambah Hadiah Bagi Kontingen Perebut Juara Umum dari Bulukumpa

  Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 46 Tingkat Kabupaten Bulukumba di Lapangan Remaja Kecamatan Bulukumpa, Senin malam (19/2/2018). Ribuan warga Bulukumba yang datang dari 10 Kecamatan...

Siswa SMA Diajari Kiat Masuk Sekolah Tinggi Kedinasan

  Jelang tamat SMA, ratusan siswa dan siswi yang saat ini duduk di bangku kelas 12 mengikuti sosialisasi terkait kiat dan strategi menembus perguruan tinggi atau sekolah tinggi kedinasan di ruang Pola Kantor Bupati, Senin 19 Februari...

JHK2 Diikuti 200 off roader dan 600 Crosser

Masih dalam rangkaian Hari Jadi Bulukumba ke 58, Indonesian Offroad Federation (IOF) Sulawesi Selatan Pengcab Bulukumba kembali menggelar Kompetisi Offroad Jelajah Hutan Karet yang kedua kalinya (JHK2). Pesertanya terdiri dari 600 rider.Selain...

Delegasi Delapan Negara Belajar di Masyarakat Adat Ammatoa

  Sedikitnya 28 peserta yang tergabung dalam Dedicated Grand Mecanism (DGM) yang terdiri dari delapan negara, berkunjung ke Kabupaten Bulukumba, Rabu (14/2/2018). Kedelapan negara asal peserta tersebut yakni Ekuador, Thailand, Nepal, Myanmar,...