Tes Sigap, Wabup Telepon Call Center PSC 119

Mulyadi_ganie , 06 Februari 2018

 

Saat berbincang dengan para jurnalis terkait perkembangan Bulukumba di ruang media center Kantor Bupati, Wakil Bupati Tomy Satria Yulianto tiba-tiba menyampaikan kepada jurnalis bahwa ia ingin mengetes layanan Public Safety Center (PSC) atau pusat layanan kegawatdaruratan terpadu yang baru saja diresmikan oleh Gubernur Syahrul Yasin Limpo pada peringatan Hari Jadi Kabupaten Bulukumba kemarin. Tomy Satria lalu mengontak nomor call center 119 melalui telepon genggamnya.

Saat menelepon, ia mengaku bernama Ahmad yang berada di kantor media center, dan menyampaikan jika ada temannya yang sedang sakit kejang-kejang. Tomy Satria Yulianto pun mengapresiasi kesigapan PSC dalam melakukan tanggap darurat, tim yang tergabung dari perawat, bidan dan driver berhasil datang menggunakan ambulans, lengkap dengan alat medis seperti tandu dan alat infus serta Pertolongan Pada Kecelakaan (P3K) dengan waktu 5 menit 24 detik, setelah telepon ditutup.

”Bagus tawwa, sangat responsif. Ini merupakan uji coba untuk mengetes tanggap darurat mereka dalam memberikan pertolongan kepada masyarakat,” ujar Tomy saat menerima petugas tersebut di ruang media center, Selasa (6/2).

Tim PSC yang dipimpin Ihwan, kaget karena mereka justru mendapati Wakil Bupati bersama rekan-rekan jurnalis memberikan standing applause atas kesigapan mereka, sesaat setelah tiba di ruangan.

Mendapati para petugas medis yang tiba-tiba masuk kantor Bupati, para Satpol PP yang bertugas di front office juga terkaget-kaget dan bertanya-tanya siapa yang sakit.

Setelah tes atau simulasi itu berlangsung, Wakil Bupati berharap tidak boleh ada pihak yang mencoba-coba memberikan laporan palsu saat menghubungi PSC, bagi yang melakukan hal tersebut akan dikenakan sanksi. Apa yang dilakukannya murni untuk mengetes layanan publik yang dimiliki pemerintah, dan dirinya mengapresiasi responsibilitas yang dilakukan oleh para petugas PSC saat melaksanakan tugas.(A3)

Artikel Lainnya :

Kepala BKPSDM Bulukumba Gagas Komunitas Macca

  Menyikapi dan merespons hak ASN dalam peningkatan kompetensinya, Kepala Badan Kepegawaian dan Peningkatan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Andi Ade Ariadi menggagas “Komunitas Macca” (Macca Community). Pembentukan Komunitas ini...

Bupati Serahkan Ranperda APBD-Perubahan 2018 Ke DPRD Bulukumba

  Bupati Bulukumba Andi Sukri Sappewali, menyerahkan rancangan peraturan daerah (ranperda) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun anggaran 2018 ke DPRD Bulukumba, Rabu (19/9/2018). Penyerahan Ranperda APBD-P...

Penguatan Implementasi Sistem Pengendalian Intern Menuju Level 3 Maturitas SPIP

  Penyelenggaraan pemerintahan daerah yang telah diimplementasikan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sampai saat ini telah berjalan dengan baik, terbukti Pemerintah Daerah telah meraih opini WTP sebanyak 6 (enam) kali sejak tahun 2013...

Gubernur Tutup Festival Pinisi

  NA : Kami Akan Perjuangkan Bandara Bira Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah menyampaikan penghargaan dan apresiasi kepada pemerintah dan masyarakat Kabupaten Bulukumba yang konsisten melaksanakan event Festival Pinisi ke 9...