Bupati Buka Bimtek Analisis Pengembangan Kompetensi

Mulyadi_ganie , 11 April 2018

 

Bupati Bulukumba Andi Sukri Sappewali, membuka bimbingan teknis (Bimtek) teknis analisis pengembangan kompetensi (Analisis Kebutuhan Pendidikan dan Pelatihan), dikantor Bupati Bulukumba dijalan jenderal sudirman, Rabu 11 April 2018.

Bimtek yang diikuti Aparatur Sipil Negara (ASN), dilaksanakan Badan Kepegawaian dan Pengembangan SumBer Daya Manusia (BKPSDM) Bulukumba. Pelaksanaan Bimtek merupakan wujud pelaksanaan kebijakan yang berorientasi kepada upaya program peningkatan kapasitas sumber daya aparatur Pemerintah Kabupaten Bulukumba, khususnya pengembangan kompetensi terhadap pelaksanaan berbagai kebutuhan Diklat yang akan dilaksanakan di jajaran pemerintah Kabupaten Bulukumba.

"Ini adalah merupakan salah satu bentuk upaya untuk membangun paradigma pemerintahan yang responsif terhadap dinamika pemerintahan dan pembangunan, terutama untuk memberikan solusi terhadap beragai problematika yang terjadi,"kata Bupati Bulukumba Andi Sukri Sappewali.

Peningkatan kapasitas atau kompetensi aparatur di bidang atau ruang lingkup tugas dan fungsinya akan sangat penting, sehingga dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik, efektif dan produktif melalui kinerja yang dihasilkannya. Langkah paling utama dan pertama dalam penyusunan rancang bangun suatu program Diklat adalah kegiatan analisis kebutuhan diklat atau Training Needs Assessment (TNA).

Analisis Kebutuhan Diklat memiliki kaitan erat dengan perencanaan diklat. Perencanaan yang paling baik didahului dengan identifikasi kebutuhan. Kebutuhan pendidikan dan pelatihan dapat dilihat dengan membandingkan tingkat pengetahuan dan kemampuan yang diharapkan dan singkronisasi yang tertuang dalam misi, tugas dan fungsi.

Diklat dianggap penting sebagai faktor dalam peningkatan kinerja pegawai, proses dan organisasi. Akan tetapi masalahnya dalam beberapa hal diklat masih terkadang belum dilakukan secara optimal sehingga kurang memenuhi kebutuhan yang diharapkan.

"Oleh karena itu, bimbingan teknis adalah merupakan bagian penting yang harus dirancang dalam program dan kegiatan pada Organisasi Perangkat Daerah, tentu dengan harapan bahwa spesifikasi keterampilan yang dimiliki akan memberikan pengaruh terhadap metode dan standar operasional prosedur dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya dengan baik,"terang Bupati Andi Sukri Sappewali.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SumBer Daya Manusia (BKPSDM) Bulukumba, Andi Ade Ariyadi, mengatakan penyelenggaraan bimbingan teknis Analisis Pengembangan Kompetensi ini akan menjadi Instrumen dalam merancang kegiatan Diklat sesuai dengan kebutuhan. (Ud)

Artikel Lainnya :

Bursa Inovasi Desa Digelar

  Wabup: Kades Jangan Selalu di Zona Nyaman Pemerintah Kabupaten Bulukumba melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) bekerjasama dengan Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) menggelar Bursa Inovasi Desa (BID)...

Bulukumba Kirim Bantuan Kemanusiaan Ke Palu dan Donggala

  Permerintah kabupaten (Pemkab) Bulukumba mengirim bantuan untuk korban gempa di Sulawesi Tengah. Bantuan sebanyak 18 truk dilepas Sekertaris Daerah (Sekda) Bulukumba, Andi Bau Amal, dikantor Bupati Bulukumba, Senin 8 Oktober...

Hari Libur, Bapenda Bulukumba Tetap Buka Layanan PBB-P2

  Jatuh tempo Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) yang sedianya jatuh pada hari ini, Jumat, 28 September 2018, akhirnya diperpanjang sampai hari Minggu, 30 September 2018. Hal ini dilakukan setelah melihat membludaknya...

Peringati Hari Pariwisata, Lintas Sektor Gelar Aksi Pilah Sampah dan Tanam Pohon

  Kesadaran merawat pariwisata Bulukumba mulai tumbuh. Kolaborasi lintas sektor menggelar aksi bersih dan penanaman pohon sembari mengedukasi pengusaha dan masyarakat sekitar kawasan wisata. Keindahan wisata bahari Bulukumba tak diragukan...