Bupati Buka Bimtek Analisis Pengembangan Kompetensi

Mulyadi_ganie , 11 April 2018

 

Bupati Bulukumba Andi Sukri Sappewali, membuka bimbingan teknis (Bimtek) teknis analisis pengembangan kompetensi (Analisis Kebutuhan Pendidikan dan Pelatihan), dikantor Bupati Bulukumba dijalan jenderal sudirman, Rabu 11 April 2018.

Bimtek yang diikuti Aparatur Sipil Negara (ASN), dilaksanakan Badan Kepegawaian dan Pengembangan SumBer Daya Manusia (BKPSDM) Bulukumba. Pelaksanaan Bimtek merupakan wujud pelaksanaan kebijakan yang berorientasi kepada upaya program peningkatan kapasitas sumber daya aparatur Pemerintah Kabupaten Bulukumba, khususnya pengembangan kompetensi terhadap pelaksanaan berbagai kebutuhan Diklat yang akan dilaksanakan di jajaran pemerintah Kabupaten Bulukumba.

"Ini adalah merupakan salah satu bentuk upaya untuk membangun paradigma pemerintahan yang responsif terhadap dinamika pemerintahan dan pembangunan, terutama untuk memberikan solusi terhadap beragai problematika yang terjadi,"kata Bupati Bulukumba Andi Sukri Sappewali.

Peningkatan kapasitas atau kompetensi aparatur di bidang atau ruang lingkup tugas dan fungsinya akan sangat penting, sehingga dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik, efektif dan produktif melalui kinerja yang dihasilkannya. Langkah paling utama dan pertama dalam penyusunan rancang bangun suatu program Diklat adalah kegiatan analisis kebutuhan diklat atau Training Needs Assessment (TNA).

Analisis Kebutuhan Diklat memiliki kaitan erat dengan perencanaan diklat. Perencanaan yang paling baik didahului dengan identifikasi kebutuhan. Kebutuhan pendidikan dan pelatihan dapat dilihat dengan membandingkan tingkat pengetahuan dan kemampuan yang diharapkan dan singkronisasi yang tertuang dalam misi, tugas dan fungsi.

Diklat dianggap penting sebagai faktor dalam peningkatan kinerja pegawai, proses dan organisasi. Akan tetapi masalahnya dalam beberapa hal diklat masih terkadang belum dilakukan secara optimal sehingga kurang memenuhi kebutuhan yang diharapkan.

"Oleh karena itu, bimbingan teknis adalah merupakan bagian penting yang harus dirancang dalam program dan kegiatan pada Organisasi Perangkat Daerah, tentu dengan harapan bahwa spesifikasi keterampilan yang dimiliki akan memberikan pengaruh terhadap metode dan standar operasional prosedur dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya dengan baik,"terang Bupati Andi Sukri Sappewali.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SumBer Daya Manusia (BKPSDM) Bulukumba, Andi Ade Ariyadi, mengatakan penyelenggaraan bimbingan teknis Analisis Pengembangan Kompetensi ini akan menjadi Instrumen dalam merancang kegiatan Diklat sesuai dengan kebutuhan. (Ud)

Artikel Lainnya :

Sosialisasi Torch Relay, Passapeda Gowes Sampai ke PPI Bontobahari

  Dalam rangka menyambut event Kirab Obor Api Asian Torch Relay di Kabupaten Bulukumba pada 28 Juli mendatang, komunitas sepeda  Bulukumba Panrita Sapeda Community (BPSC) menggelar sepeda santai atau gowes dengan rute Kantor Bupati sampai...

Obor Api Asian Games Akan Dikawal 3 Pinisi dan 45 Kapal lainnya ke Tanjung Bira

  Obor Api Asian Games (Torch Relay) akan tiba di Bulukumba pada tanggal 28 Juli 2018. Kabupaten Bulukumba menjadi daerah yang dilintasi parade Torch Relay Asian Games setelah obor tersebut tiba dari Papua. Sesuai rencana, Obor Api Asian Games...

Wabup Lepas Delegasi Hari Anak Nasional

  Sepuluh orang yang mewakili anak-anak Bulukumba dari unsur Forum Anak Panrita Lopi, Forum Anak Desa serta perwakilan Anak Masyarakat Adat Kajang dan beberapa anak dari beberapa desa dilepas Wakil Bupati Bulukumba Tomy Satria Yulianto untuk...

Bulukumba Akan Terima Penghargaan KLA di Hari Anak Nasional

  Kabupaten Bulukumba akan menerima penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) yang akan diserahkan pada puncak acara peringatan Hari Anak Nasional yang dipusatkan di Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur, Senin 23 Juli mendatang. Kementerian...