Pemkab Bulukumba Bantu Penderita Ganguan Jiwa

Mulyadi_ganie , 12 April 2018

 

Dinas Sosial Pemkab Bulukumba awal tahun 2018 ini mencatat ODGJ (Orang Dengan Gangguang Jiwa) sebanyak 28 orang. Dari jumlah tersebut, 6 penderita gangguan jiwa sudah dipulangkan ke keluarganya. Sementara ditahun 2017 lalu, tercatat 50 penderita ODGJ yang dibawa ke Makassar.

20-an dari 50 penderita OGDJ pada 2017 lalu, masih menjalani perawatan di rumah sakit jiwa (RSJ) dan Sebagian besar sudah dipulangkan ke keluarga mereka karena dianggap sudah pulih.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial, Andi Sudriman Patikai, mengatakan Pemkab Bulukumba akan terus membantu penderit gangguan jiwa. Dalam pengananan ODGJ, Dinas Sosial berkolaborasi dengan berbagai komunitas seperti Komunitas Berbagi Sedekah, Pemuda Peduli Kajang, Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Bulukumba dan PMI Bulukumba.

Sudirman mengakui, pemulangan Tujuh orang penderita ganguan jiwa dari RSJ di Makassar awal pekan ini, karena sudah dinyatakan pihak RSJ sudah pulih serta dapat berbaur kembali dengan lingkungan sekitarnya.

Ada Satu orang berinisial R (38 tahun) warga kecamatan Gantarang, yang diserahkan ke Dinas Sosial untuk penanganan dan pembinaan.  Saat ini yang tercatat tinggal di rumah singgah Dinas Sosial Bulukumba di Taccorong, ada Empat orang.

Selain R, ada B, S (58), dan I (45), yang dipersiapkan untuk dirujuk ke RSJ di Makassar. Dari ke Empat-nya, yang paling parah adalah S karena bermasalah dengan ingatannya.

Menurut Andi Sudirman, Dia mudah lupa dan kadang membuka pakaian. Untuk kesehatan kejiwaan Keempatnya, pihak Dinas Sosial memilih untuk mengikuti apa yang membuat mereka nyaman agar gangguan kejiwaannya tidak bertambah.(Ud)

Artikel Lainnya :

Bursa Inovasi Desa Digelar

  Wabup: Kades Jangan Selalu di Zona Nyaman Pemerintah Kabupaten Bulukumba melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) bekerjasama dengan Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) menggelar Bursa Inovasi Desa (BID)...

Bulukumba Kirim Bantuan Kemanusiaan Ke Palu dan Donggala

  Permerintah kabupaten (Pemkab) Bulukumba mengirim bantuan untuk korban gempa di Sulawesi Tengah. Bantuan sebanyak 18 truk dilepas Sekertaris Daerah (Sekda) Bulukumba, Andi Bau Amal, dikantor Bupati Bulukumba, Senin 8 Oktober...

Hari Libur, Bapenda Bulukumba Tetap Buka Layanan PBB-P2

  Jatuh tempo Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) yang sedianya jatuh pada hari ini, Jumat, 28 September 2018, akhirnya diperpanjang sampai hari Minggu, 30 September 2018. Hal ini dilakukan setelah melihat membludaknya...

Peringati Hari Pariwisata, Lintas Sektor Gelar Aksi Pilah Sampah dan Tanam Pohon

  Kesadaran merawat pariwisata Bulukumba mulai tumbuh. Kolaborasi lintas sektor menggelar aksi bersih dan penanaman pohon sembari mengedukasi pengusaha dan masyarakat sekitar kawasan wisata. Keindahan wisata bahari Bulukumba tak diragukan...