Pemkab Bulukumba Bantu Penderita Ganguan Jiwa

Mulyadi_ganie , 12 April 2018

 

Dinas Sosial Pemkab Bulukumba awal tahun 2018 ini mencatat ODGJ (Orang Dengan Gangguang Jiwa) sebanyak 28 orang. Dari jumlah tersebut, 6 penderita gangguan jiwa sudah dipulangkan ke keluarganya. Sementara ditahun 2017 lalu, tercatat 50 penderita ODGJ yang dibawa ke Makassar.

20-an dari 50 penderita OGDJ pada 2017 lalu, masih menjalani perawatan di rumah sakit jiwa (RSJ) dan Sebagian besar sudah dipulangkan ke keluarga mereka karena dianggap sudah pulih.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial, Andi Sudriman Patikai, mengatakan Pemkab Bulukumba akan terus membantu penderit gangguan jiwa. Dalam pengananan ODGJ, Dinas Sosial berkolaborasi dengan berbagai komunitas seperti Komunitas Berbagi Sedekah, Pemuda Peduli Kajang, Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Bulukumba dan PMI Bulukumba.

Sudirman mengakui, pemulangan Tujuh orang penderita ganguan jiwa dari RSJ di Makassar awal pekan ini, karena sudah dinyatakan pihak RSJ sudah pulih serta dapat berbaur kembali dengan lingkungan sekitarnya.

Ada Satu orang berinisial R (38 tahun) warga kecamatan Gantarang, yang diserahkan ke Dinas Sosial untuk penanganan dan pembinaan.  Saat ini yang tercatat tinggal di rumah singgah Dinas Sosial Bulukumba di Taccorong, ada Empat orang.

Selain R, ada B, S (58), dan I (45), yang dipersiapkan untuk dirujuk ke RSJ di Makassar. Dari ke Empat-nya, yang paling parah adalah S karena bermasalah dengan ingatannya.

Menurut Andi Sudirman, Dia mudah lupa dan kadang membuka pakaian. Untuk kesehatan kejiwaan Keempatnya, pihak Dinas Sosial memilih untuk mengikuti apa yang membuat mereka nyaman agar gangguan kejiwaannya tidak bertambah.(Ud)

Artikel Lainnya :

Sosialisasi Torch Relay, Passapeda Gowes Sampai ke PPI Bontobahari

  Dalam rangka menyambut event Kirab Obor Api Asian Torch Relay di Kabupaten Bulukumba pada 28 Juli mendatang, komunitas sepeda  Bulukumba Panrita Sapeda Community (BPSC) menggelar sepeda santai atau gowes dengan rute Kantor Bupati sampai...

Obor Api Asian Games Akan Dikawal 3 Pinisi dan 45 Kapal lainnya ke Tanjung Bira

  Obor Api Asian Games (Torch Relay) akan tiba di Bulukumba pada tanggal 28 Juli 2018. Kabupaten Bulukumba menjadi daerah yang dilintasi parade Torch Relay Asian Games setelah obor tersebut tiba dari Papua. Sesuai rencana, Obor Api Asian Games...

Wabup Lepas Delegasi Hari Anak Nasional

  Sepuluh orang yang mewakili anak-anak Bulukumba dari unsur Forum Anak Panrita Lopi, Forum Anak Desa serta perwakilan Anak Masyarakat Adat Kajang dan beberapa anak dari beberapa desa dilepas Wakil Bupati Bulukumba Tomy Satria Yulianto untuk...

Bulukumba Akan Terima Penghargaan KLA di Hari Anak Nasional

  Kabupaten Bulukumba akan menerima penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) yang akan diserahkan pada puncak acara peringatan Hari Anak Nasional yang dipusatkan di Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur, Senin 23 Juli mendatang. Kementerian...