187 Disabilitas Periksa Kesehatan Gratis di Dinsos

Mulyadi_ganie , 10 Mei 2018

 

Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPKS) Dinas Sosial Provinsi Sulsel bekerjasama dengan Dinas Sosial Kabupaten Bulukumba menggelar pemeriksaan kesehatan gratis dan penyaluran bantuan kepada penyandang disabilitas di Bulukumba, di Kantor Dinas Sosial Bulukumba, Rabu, 9 Mei 2018.

Sebanyak 187 disabilitas hadir pada kegiatan yang dirangkaikan dengan praktek keterampilan penyandang tuna rungu atau tuli.

Mewakili Bupati Bulukumba, Asisten Pembangunan dan Kesra, Djunaidi Abdullah dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Daerah akan terus berupaya melakukan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Bulukumba, termasuk untuk bagi penyandang disabilitas.

Melalui Dinas Sosial, pemerintah akan mengucurkan dana yang lebih banyak agar menyentuh lebih banyak penyandang disabilitas.

“Insya allah kedepan kami akan menyiapkan anggaran yang lebih banyak untuk bantuan kegiatan ini,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, Djunaidi yang diamanahkan memberi bantuan secara simbolis memberikan semangat kepada penyandang disabilitas agar semangat menjalani hidup. Ia berharap disabilitas tidak berkecil hati dengan kondisi fisik yang dimilikinya, tetap percaya diri dan berdaya.

Agar bantuan pemerintah dapat menyentuh penyandang disabilitas, Djunaidi mengarahkan untuk mengurus identitas kependudukan sebagai syarat mutlak. Dengan demikian, keluhan masyarakat terkait jaminan kesehatan melalui program JKN dapat memproteksi disabilitas khususnya yang tidak mampu.  

Kepala Seksi Penyandang Disabilitas dan Rehabilitasi Lanjut Usia Dinas Sosial Provinsi Sulsel, Muh Bakri juga meminta penyandang disabilitas tetap semangat dan percaya diri. Menurutnya, itu menjadi kunci agar mereka dapat menjalani aktivitas tanpa beban.

"Penyandang disabilitas saat ini lebih banyak yang berhasil ketimbang dengan non disabilitas, oleh karena itu tetaplah semangat dan percaya diri," katanya.

Melihat jumlah disabilitas yang hadir, Bakri mengaku ini terbanyak dari tiga kabupaten yang dipilih provinsi yakni Sinjai dan Toraja. Keberhasilan tersebut tentu tidak lepas dari kerja Pemkab Bulukumba dan relawan yang digandeng sehingga yang hadir melebihi target peserta yakni 100 disabilitas.

“Insya Allah kami di provinsi akan terus mengupayakan menambah bantuan pemberdayaan seperti alat dan pelatihan pembekalan keterampilan," ujarnya.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial di Dinas Sosial Bulukumba, Andi Sudirman mengatakan, pelaksanaan kegiatan untuk pemeriksaan kesehatan dan penguatan keterampilan. Targetnya, pemerintah dapat mendorong penyandang disabilitas mandiri dan tak bergantung pada orang lain.

Pelatihan yang terealisasi pada kesempatan itu dikhususkan pada tuna rungu, yakni pembuatan kue dan kripik. Dari komunitas tuna rungu itu, diharapkan  mengajarkan kepada tuna rungu lainnya dan keluarga disabilitas.

"Orang disabilitas kalau dibangun kepercayaan dirinya bisa berbuat," katanya.

Disamping pemeriksaan kesehatan dan pelatihan, lanjut Sudirman, kegiatan tersebut dimanfaatkan Dinas Sosial untuk memperbaharui data. Tidak sedikit penyandang disabilitas di luar binaan Dinas Sosial hadir pada kesempatan itu dan baru terdata.

Mereka yang kebanyakan masih malu dengan kondisinya, sebelumnya memilih berdiam diri di rumah. Pada momen itu, mereka mendapatkan pelajaran berharga.

"Banyak disabilitas yang curhat ternyata kondisinya masih lebih baik dari penyandang disabilitas lainnya. Seperti ada yang ngesot bertemu dengan penyandang disabilitas fisik yang harus jalan pakai tangan, keluar percaya dirinya, tidak heran kalau mereka menolak dibantu jalan dengan kursi roda," tambahnya. (A3)

Artikel Lainnya :

Bursa Inovasi Desa Digelar

  Wabup: Kades Jangan Selalu di Zona Nyaman Pemerintah Kabupaten Bulukumba melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) bekerjasama dengan Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) menggelar Bursa Inovasi Desa (BID)...

Bulukumba Kirim Bantuan Kemanusiaan Ke Palu dan Donggala

  Permerintah kabupaten (Pemkab) Bulukumba mengirim bantuan untuk korban gempa di Sulawesi Tengah. Bantuan sebanyak 18 truk dilepas Sekertaris Daerah (Sekda) Bulukumba, Andi Bau Amal, dikantor Bupati Bulukumba, Senin 8 Oktober...

Hari Libur, Bapenda Bulukumba Tetap Buka Layanan PBB-P2

  Jatuh tempo Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) yang sedianya jatuh pada hari ini, Jumat, 28 September 2018, akhirnya diperpanjang sampai hari Minggu, 30 September 2018. Hal ini dilakukan setelah melihat membludaknya...

Peringati Hari Pariwisata, Lintas Sektor Gelar Aksi Pilah Sampah dan Tanam Pohon

  Kesadaran merawat pariwisata Bulukumba mulai tumbuh. Kolaborasi lintas sektor menggelar aksi bersih dan penanaman pohon sembari mengedukasi pengusaha dan masyarakat sekitar kawasan wisata. Keindahan wisata bahari Bulukumba tak diragukan...