Wabup Ajak Kunjungi Puncak Donggia

Mulyadi_ganie , 12 Oktober 2017

 

Wisata alam Kabupaten Bulukumba memang tak ada habisnya, setelah terkenal dengan wisata baharinya yaitu Pantai Tanjung Bira dan Pantai Apparallang, kini Kabupaten Bulukumba kembali ingin memperkenalkan wisata pegunungan Bukit Donggia yang berada di Desa Kahayya, Kecamatan Kindang.

Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto menuturkan bahwa destinasi wisata ini sudah menjadi salah satu prioritas Pemda Bulukumba untuk lebih dipercantik lagi namun tidak menghilangkan keasrian lokasinya. Ia mengajak siapa saja untuk berkunjung ke Puncak Donggia untuk menikmati panorama alam yang indah.

“Yang pertama yang akan kita benahi adalah akses jalan ke sini dulu dan sementara ini sudah bertahap kita lakukan supaya jumlah pengunjung bisa meningkat, selanjutnya baru akan kami diskusikan dengan dinas terkait untuk fasilitas apa yang cocok ditempatkan di sini,” ujar Tomy saat berkunjung kembali ke Puncak Donggia, Rabu (11/10).

Puncak Donggia yang memiliki ketinggian sekitar 1600 meter di atas permukaan laut (mdpl) menyajikan pemandangan alam yang indah dari gugusan perbukitan hijau dan sungai yang membelah wilayah Kabupaten Bulukumba dengan Kabupaten Sinjai. Komposisi keindahan bukit dan gunung ini yang sangat ‘instagram-able’ membuat banyak orang menjadikan tempat ini sebagai lokasi untuk berswafoto.

Sementara itu Kepala Desa Kahayya, Abdul Rahman mengungkapkan bahwa Desa Kahayya adalah salah satu desa yang bisa dibilang adalah surga terpencil di Kabupaten Bulukumba.

“Desa kami sangat bisa menjadi desa unggulan wisata Bulukumba, Ini dikarenakan desa kami memiliki potensi alam yang dapat dikembangkan menjadi kawasan wisata,” ungkap Rahman.

Lebih lanjut Rahman, mengutarakan jika pemandangan alam pegunungan, danau Kahayya dan beberapa sungai dengan view air terjun dapat membuat desa ini maju dan bersaing atau sejajar dengan desa lain ke depannya, belum lagi soal hasil pertanian yang sangat beragam, sehingga bisa dibilang kalau Desa Kahayya adalah surga terpencilnya Bulukumba.

Selain sebagai desa yang memiliki segudang wisata, Desa Kahayya juga merupakan desa penghasil cengkeh, tembakau dan kopi. Kopi Kahayya sendiri adalah salah satu hasil pertanian dan ciri khas Kabupaten Bulukumba yang sudah terkenal di kalangan penikmat kopi nasional hingga ke mancanegara.

Jadi tunggu apalagi? Segera jadwalkan wisata anda beserta keluarga ke Kabupaten Bulukumba.(A3)

Artikel Lainnya :

Menyerap Keluhan Masyarakat Lebih Cepat, Pemkab Terapkan Lapor-SP4N

  Pemerintah Kabupaten Bulukumba saat ini tengah mempersiapkan penerapan Program Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat sebagai Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (Lapor-SP4N). Program ini diperuntukan untuk...

Pemkab Abaikan Tuntutan Penggugat SLB

  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba bertahan tidak akan membayarkan tuntutan ganti rugi sengketa lahan Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Bulukumba kepada pengugat. Pemerintah bersedia melakukan ganti rugi jika keluar putusan pengadilan...

Bulukumba Akan Dilewati Pasukan Peleton Beranting Kodam XIV Hasanuddin

Sebanyak dua peleton pasukan tempur Kodam XIV Hasanuddin akan melintasi tujuh kabupaten di wilayah selatan Sulawesi Selatan dengan berjalan kaki, termasuk Kabupaten Bulukumba. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian peringatan Hari Juang Kartika atau...

Bupati Lepas Atlit Cabang Senam Panjat Tebing dan Atletik

Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali melepas para atlit yang akan mengikuti Pra Porda, di ruang rapat Bupati, Rabu (13/12). Para atlit yang dilepas tersebut terdiri dari tiga cabang olahraga yaitu, Senam, Atletik dan Panjat Tebing. Menurut Ketua...