Membanggakan, Arwis Raih Juara 1 Tenaga Kesehatan Nasional

Mulyadi_ganie , 10 November 2019

 

Arwis tidak menyangka dirinya adalah salah satu dari 9 orang yang diumumkan untuk menerima penghargaan Tenaga Kesehatan Nasional. Ia mengaku sudah merasa bersyukur bisa menjadi juara di tingkat provinsi dan dikirim ke Jakarta untuk mengikuti rangkaian acara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Tahun 2019.

Namun saat pengumuman tingkat nasional, namanya disebut sebagai Juara I Tenaga Kesehatan Tingkat Nasional kategori Farmasi. Ia bersama 8 orang pemenang kategori lainnya menerima penghargaan yang diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan dr. Terawan Agus Putranto, di hotel Grand Mercure, Jakarta Pusat, Sabtu 9 Nopember 2019.

Arwis adalah Kepala Puskesmas Borong Rappoa Kecamatan Kindang terpilih berkat inovasinya yang bernama Senyuman Miana. Inovasi Senyuman Miana ini merupakan singkatan dari Sehat Aman dan Nyaman sedangkan Miana adalah jenis tanaman hias yang memiliki kandungan yang dapat membantu penyembuhan penyakit tuberculosis (TB).

"Tentu (penghargaan) ini menjadi motivasi bagi kita semua, khususnya para tenaga kesehatan untuk bekerja keras dan cerdas dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat," tuturnya via telepon.

 

 

Sejak beberapa tahun terakhir, Arwis aktif mengkampanyekan konsumsi daun Miana kepada pasien TB, sekaligus mengembangkan daun Miana sebagai salah satu tanaman yang ditanam dalam Toga, baik di Puskesmas Borong Rappoa maupun di rumah warga melalui binaan Kampung Toga.

Arwis mengaku apa yang dilakukannya selama ini sejalan dengan isu kesehatan nasional yang didorong oleh pemerintah saat ini, yaitu penanggulangan TB, Stunting dan Imunisasi.

Pengertian Toga, kata Arwis sudah bergeser ke pengertian yang baru. Toga bukan lagi singkatan dari tanaman obat keluarga, namun berubah menjadi Taman Obat Keluarga. "Jadi selain fungsi kesehatannya, Toga juga harus berfungsi menambah keindahan rumah atau kantor," bebernya.

Untuk diketahui, 5 terbaik tenaga kesehatan tingkat provinsi di seluruh Indonesia diundang ke Jakarta untuk mengikuti peringatan HKN, termasuk mengikuti puncak upacara HKN pada tanggal 12 Nopember mendatang. Para utusan provinsi berada di Jakarta sejak 8 sampai 14 Nopember, mereka mengikuti berbagai kegiatan, seperti pameran, pemberian materi motivasi dari Kemenkes dan kunjungan ke Istana Presiden RI.(A3/Humas)

Artikel Lainnya :

Cegah Stunting, Dinkes Gelar Workshop Konvergensi

Bulukumba,-  Saat ini isu stunting menjadi prioritas pemerintah dalam  pembangunan kesehatan. Indonesia adalah negara ke-5 dengan jumlah balita tertinggi mengalami stunting. Kabupaten Bulukumba sendiri per Oktober 2019 memiliki anak balita...

Bulukumba Kembali Terima Penghargaan Kabupaten Peduli HAM

Bandung, - Kabupaten Bulukumba kembali meraih penghargaan sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) pada puncak Peringatan Hari HAM Sedunia ke 71 yang dilaksanakan di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Jawa Barat. Selasa, 10...

Setelah Mediasi, Hulu Sappayya Na’na Jadi Induk Air PDAM

Bulukumba- Penolakan warga Na’na Kelurahan Borong Rappoa Kecamatan Kindang terhadap proyek pengembangan Sistem Pengelolaan Air Minum PDAM telah mendapatkan titik temu dan solusi penyelesaian setelah dilakukan mediasi langsung antar pihak....

Angka Kemiskinan Kabupaten Bulukumba Menurun

Makassar- Upaya Pemerintah Kabupaten Bulukumba dalam pengentasan kemiskinan menunjukkan angka yang positif. Sesuai data Persentase Penduduk Miskin Kabupaten Kota Tahun 2019 dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Selatan, angka kemiskinan...