Ketika Sang Cucu Ziarahi Makam Neneknya yang Pahlawan Nasional

Mulyadi_ganie , 10 November 2017

Peringatan Hari Pahlawan Nasional setiap tanggal 10 November, menjadi momentum tersendiri bagi Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali. Betapa tidak, pada peringatan tersebut, salah satu rangkaian acaranya adalah ziarah ke makam Pahlawan Nasional H Andi Sulthan Daeng Radja yang merupakan neneknya, atau orang tua dari ayahnya H Andi Sappewali A Sulthan.

Ketika ziarah di Taman Makam H Andi Sulthan Daeng Radja di Ponre Kecamatan Gantarang, tampak Bupati AM Sukri Sappewali dengan hikmat menyiram dan menaburi bunga ke makam pahlawan nasional tersebut sambil melafazkan doa kepada almarhum. Selain makam kakeknya, AM Sukri juga menyiram dan menaburkan bunga ke makam kedua orang tuanya H Andi Sappewali dan Hj Andi Bau Monno, yang berdampingan di taman makam yang berada di samping Masjid Taqwa Ponre tersebut.

Menurut AM Sukri Sappewali, ayahnya yang merupakan anak dari H Andi Sulthan Daeng Radja adalah Karaeng Gantarang yang terakhir, karena setelah kemerdekaan, wilayah Gantarang menjadi wilayah distrik kecamatan.

"Jadi bapak saya ini yang terakhir menjadi Karaeng Gantarang, dan yang pertama menjadi kepala distrik atau camat Gantarang setelah terbentuknya pemerintahan Indonesia," ucap AM Sukri Sappewali usai tabur bunga ke makam orang tuanya, Jumat(10/11) di taman makam tersebut.

Sebelumnya, Bupati Bulukumba menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Pahlawan yang ke 72 di lapangan Pemuda yang dihadiri oleh berbagai kalangan, baik dari pemerintah maupun organisasi masyarakar, termasuk dari para veteran maupun purnawirawan TNI Polri.

*Serahkan Bantuan*

Pada momentum upacara tersebut Bupati Bulukumba menyerahkan bantuan sosial kepada 20 orang lanjut usia terlantar yang diwakili oleh Hasra (pendamping sosial) dan 40 orang penyandang disabilitas berat yang diwakili Ketua Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Bulukumba, Suherman.

Bantuan ini berasal dari Kementerian Sosial dengan nilai bantuan sebanyak 3 juta perorang untuk lanjut usia terlantar dan penyandang disabilitas berat .

Selain itu pihak BPJS Ketenagakerjaan melalui Bupati menyerahkan santunan BPJS Ketenagakerjaan kepada tiga orang. Pertama, kepada almarhum Syamsuddin (Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan) sebanyak Rp.24.350.000 untuk Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Kematian (JKM). Kedua, kepada almarhum Roslan (PT Sulawesi Cotton Industry) sebanyak Rp.38.900.000 untuk JHT dan JKM. Ketiga, kepada Jumaliah (PT Lonsum Palangisang) sebanyak Rp.29.150.244 untuk JHT.

Setelah upacara Bupati beserta rombongan ziarah nasional ke Taman Makam Pahlawan Taccorong dan berakhir di TMP Nasional H Andi Sulthan Daeng Radja.(A3)

Artikel Lainnya :

Bulukumba Tuan Rumah LK II HMI Tingkat Nasional Diikuti 80 Peserta

  Diikuti 80 Peserta Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bulukumba menggelar Latihan Kader II (Intermediate Training) Tingkat Nasional. LK II yang berlangsung mulai 24 November sampai 2 Desember ini dibuka oleh Wakil Bupati Tomy Satria...

Dua Kampung dari Kaltim Belajar di Bulukumba

  Pemerintah Kabupaten Bulukumba menerima Kunjungan Belajar Terpadu dari Provinsi Kalimantan Timur. Rombongan yang berjumlah 24 orang berasal dari dua desa atau kampung, yaitu dari Kampung Pegat Batumbuk dan Kampung Teluk Semanting Kabupaten...

Bulukumba Pimpin Raihan Medali di Porseni PGRI IV Lutim

  Memasuki hari ketiga, kontingen Kabupaten Bulukumba berhasil memimpin sementara jumlah raihan medali pada pelaksanaan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) IV tingkat se-provinsi Sulawesi Selatan yang...

Tari Gori Asal Kajang Dipentaskan di Luwu Timur

  Penampilan Tari Gori asal Kajang, Kabupaten Bulukumba berhasil memukau para penonton dan juri di lomba tari tunggal pada lanjutan gelaran Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di Malili, Kabupaten Luwu...