Benteng Malewang Wakili Bulukumba di Ajang Lomba Desa Tingkat Provinsi

Mulyadi_ganie , 11 Juli 2019

 

Penilaian lomba desa dan kelurahan tahun 2019 kembali dilaksanakan. Bertempat di Kantor Desa Benteng Malewang Kecamatan Gantarang, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bulukumba, Andi Bau Amal, didampingi sejumlah pejabat menerima tim penilai yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Sulawesi Selatan, Ashari Fakhsirie Radjamilo, Selasa, (09/07),

 

Berbeda dengan tahun sebelumnya, penilaian lomba desa tahun ini tidak lagi diawali dengan kegiatan seremonial penyambutan, melainkan Tim penilai langsung turun ke titik penilaian lomba.

Kabid Kelembagaan dan Sosbudmas, Dinas PMD Bulukumba Ahmad Rais Haq mengatakan, jika lomba desa merupakan agenda yang dilaksanakan setiap tahun.

Untuk 2019 ini, kata pria yang akrab disapa Rais ini, Desa Benteng Malewang terpilih untuk mewakili Bulukumba di tingkat Provinsi.

 

"Benteng Malewang mewakili Bulukumba setelah terpilih sebagai pemenang lomba desa dan kelurahan tingkat kabupaten," terangnya.

Seperti tahun sebelumnya, lanjut Rais, 18 kategori penilaian akan dilakukan, seperti bidang pemerintahan, kewilayahan, serta bidang kemasyarakatan, sebagaimana diamanahkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) 81 tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan.

Ditemui di sela-sela kegiatan, Sekretaris Daerah Bulukumba, Andi Bau Amal menyampaikan harapannya agar Bulukumba dapat kembali keluar menjadi pemenang di tingkat Provinsi seperti tahun 2018 yang berhasil dimenangkan oleh Desa Kambuno, Kecamatan Bulukumpa.

 

"Tentu kita berharap tahun ini Bulukumba kembali dapat meraih prestasi terbaik mempertahankan juara, dan mengharumkan nama baik Bulukumba di tingkat Provinsi," ujar Bau Amal.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas PMD Provinsi Sulawesi Selatan, Ashari Fakhsirie Radjamilo mengatakan bahwa lomba desa bertujuan untuk mengevaluasi tingkat perkembangan desa. Prestasi yang berhasil diraih oleh pemenang nantinya, tidak hanya akan menjadi sebuah kebanggaan bagi daerah disamping akan menerima pula hadiah uang sebesar 1 miliar rupiah yang akan diberikan bagi desa dalam bentuk anggaran program kegiatan.

"Semoga apa yang kita laksanakan ini dapat menjadi motivasi bagi segenap pemerintah dan masyarakat desa untuk bekerjasama dalam membangun daerahnya", ujarnya.

 

Desa Benteng Malewang merupakan salah satu desa yang terdapat di Kecamatan Gantarang yang telah berdiri sejak 1987. Dengan luas wilayah 11,27 KM dan mayoritas mata pencaharian masyarakatnya adalah bertani. Saat ini Desa Benteng Malewang dipimpin oleh Amiruddin HR.(A3/Humas)

Artikel Lainnya :

Paripurna Pertanggungjawaban APBD 2018, Bupati Sampaikan Terima Kasih kepada DPRD

  Atas nama Pemerintah Kabupaten, Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali menyampaikan terima kasih kepada pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Bulukumba yang telah menyelesaikan pembahasan rancangan peraturan daerah tentang Pertanggungjawaban...

Buka MPLS, AM Sukri Minta Tidak Ada Unsur Kekerasan

  Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tingkat SMA dan SMK se Kabupaten Bulukumba dimulai dengan upacara pembukaan di lapangan Pemuda Bulukumba, Senin 15 Juli 2019. Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali selaku pembina upacara menyampaikan...

AIESEC Gelar Social Project di Bulukumba

  Sebanyak 24 volunteer atau relawan AIESEC tiba di Kabupaten Bulukumba, mereka adalah mahasiswa dari berbagai kampus di Makassar yang tergabung dalam AIESEC Unhas. Dalam rombongan tersebut, enam orang diantaranya adalah relawan dari negara...

A. Sukri terima Penghargaan dari Menteri Koperasi

  Pada Kamis malam tanggal 11 juli 2019 bertempat di Hotel Java Harritage Banyumas Provinsi Jawa Tengah, menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Drs. Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga menyerahkan penghargaan langsung...