Basmawati Raih Penghargaan Nugra Jasadharma Pustaloka 2019

Mulyadi_ganie , 06 September 2019

 

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia memberikan apresiasi dalam bentuk penghargaan Nugra Jasadharma Pustaloka Tahun 2019 sebagai bentuk apresiasi tertinggi atas dedikasi dalam pengembangan dan pendayagunaan perpustakaan serta mengupayakan peningkatan kegemaran membaca di Indonesia.

Salah satu penerima penghargaan Nugra Jasadharma Pustaloka tahun 2019 untuk kategori masyarakat adalah Basmawati Haris dari Kabupaten Bulukumba. Basma sapaan akrabnya menerima penghargaan tersebut dari Menpan RB Drs. Syafruddin M.Si pada acara Gemilang Perpustakaan Nasional Tahun 2019 di The Ballroom Jakarta Theater, Kamis, 5 September 2019.

 

Basma adalah perintis dan pendiri Rumah Baca Pinisi Nusantara 1986 yang berada di areal Cekkeng Nursery. Penghargaan ini diberikan oleh Perpustakaan Nasional RI yang diserahkan kepada Basma atas dedikasinya dalam peningkatan pembudayaan kegemaran membaca di Kabupaten Bulukumba.

Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali yang mengikuti acara tersebut menyampaikan dukungan dan penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Bulukumba atas dedikasi Basmawati di gerakan literasi melalui perpustakaan yang dirintisnya.

 

"Saya juga mengharapkan dan mendorong generasi muda penggiat literasi dapat terinspirasi dan bersinergi dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan serta stakeholder lainnya dalam upaya meningkatkan pembudayaan kegemaran membaca di Kabupaten Bulukumba," pinta AM Sukri Sappewali.

Harapan yang sama disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Bulukumba Siti Isniyah yang juga merupakan Bunda Baca Bulukumba . Ia mengharapkan akan muncul lagi “Basmawati” yang lain yang dapat mendorong upaya pembudayaan kegemaran membaca di Kabupaten Bulukumba.

 

"Penghargaan ini adalah hasil dari kerja kerja ikhlas dan tulus yg telah dilakukan oleh gadis manis ini dalam menyebarkan virus literasi kepada masyarakat. Selamat buat Basma, tetaplah menginspirasi bagi kita semua," ungkap istri Wakil Bupati Tomy Satria Yulianto ini.

Sementara itu, Basmawati mengaku merasa bersyukur dan senang hadir pada acara tersebut dan menerima penghargaan.

"Tuhan mengabulkan mimpi saya. Penghargaan ini saya persembahkan untuk banyak orang-orang baik yang telah banyak membantu saya bergerak, setelah ini tentunya masih ada banyak yang harus saya selesaikan masih harus terus bergerak dan berkolaborasi bersama banyak orang baik membuat karya untuk bulukumba," pinta Basma.(A3/Humas)

Artikel Lainnya :

Tutup Festival Pinisi, Gubernur : Sektor Pariwisata Dorong Sektor Lain Ikut Bergerak

  Gubernur Sulawesi Selatan HM Nurdin Abdullah kembali mengunjungi Kabupaten Bulukumba. Kehadiran Gubernur untuk mengikuti seremoni penutupan Festival Pinisi ke 10 yang dipusatkan kawasan wisata pantai Tanjung Bira, Sabtu (14/9) malam. Ribuan...

Yuk Saksikan Makassar Biennale MB- Bulukumba

  Mulai Digelar 16-22 September Usai perhelatan Festival Pinisi nantinya. Warga daerah berjuluk Butta Panrita Lopi ini akan disuguhkan kegiatan seni budaya yang dilaksanakan oleh Makassar Biennale (MB) Capter Bulukumba di Tarungku Toa atau...

Karnaval Pakaian Hitam Tembus 22 Ribu Orang

  Bupati Ajak Mendoakan Prof BJ Habibie Karnaval Pakaian Hitam yang menjadi rangkaian dari Festival Pinisi ke-10 tahun 2019 membludak memenuhi jalan-jalan protokol di Kota Bulukumba. Masyarakat dengan pakaian hitam dengan berbagai varian...

Ribuan orang di Seremoni Pembukaan Festival Pinisi ke 10

  Ribuan orang memadati lapangan Pemuda Kabupaten Bulukumba untuk mengikuti seremoni pembukaan Festival Pinisi ke 10 tahun 2019. Event yang sejak tahun lalu masuk pada 100 Wonderful Events Kementerian Pariwisata RI ini dibuka oleh Koordinator...