AYO.... IKUTI LELANG KARYA PEMUDA BULUKUMBA 2019

Mulyadi_ganie , 10 Juli 2019

Lelang Karya Pemuda adalah program Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bulukumba yang bermaksud untuk meningkatkan potensi pemuda dalam karya nyata pelbagai bidang berbasis isu-isu strategis dan sumber daya lokal. Lelang karya pemuda ini diharapkan menjadi panggung bagi pemuda, untuk menghadirkan karya nyata. Gagasan yang bertujuan untuk perubahan baik bagi Bulukumba yang harus terus terdorong.

B. TUJUAN

1) Menemukenali pemuda yang memiliki kreativitas tinggi

2) Mewujudkan pemuda yang berkemampuan merintis jalan, melakukan terobosan, menjawab tantangan dan memberikan jalan keluar atas pelbagai masalah;

3) Memberikan penghargaan kepada para pemuda yang dinilai telah memenuhi persyaratan dan kriteria karya pemuda yang membangun.

C. PERSYARATAN DAN KETENTUAN KARYA


   1. Kriteria Umum Peserta

1.1) WNI Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;

1.2) Memiliki loyalitas terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta tidak cacat hukum;

1.3) Memiliki idealisme, kejujuran, integritas kepribadian jiwa kesukarelawanan, bijaksana, budi pekerti dan bermartabat;

1.4) Memiliki karya nyata berkualitas yang dilaksanakan secara konsisten dan gigih serta dirasakan manfaatnya oleh masyarakat;

1.5) Mampu memberikan nilai tambah pada pelbagai aspek kehidupan masyarakat; dan

  2. Kriteria Khusus Peserta

2.1) Memiliki visi dan misi

2.2) Mampu berkomunikasi, berinteraksi dalam organisasi/komunitas dalam mengembangkan karyanya;

2.3) Memiliki kemampuan dalam aspek kreativitas;

2.4) Memiliki keterampilan dalam berkarya;

2.5) Memberikan dampak positif dan nilai sosial ekonomi secara signifikan di tengah-tengah masyarakat;

2.6) Mampu membangun partisipasi aktif masyarakat dibidang yang dikembangkan;

2.7) Mampu memotivasi masyarakat untuk melakukan perubahan paradigma yang positif; dan

2.8) Adanya pengakuan masyarakat karena dirasakan langsung kemanfaatan karyanya.

  3. Persyaratan dan Ketentuan Seleksi Peserta Lelang Karya Pemuda

3.1) Usia 18 sampai 30 tahun yang merupakan penduduk Kabupaten Bulukumba yang dibuktikan dengan KTP dan/atau akte kelahiran;

3.2) Memiliki karya nyata berkualitas dan dilaksanakan secara konsisten serta dirasakan manfaatnya bagi masyarakat, dengan melampirkan deskripsi singkat karya yang diikutsertakan;

3.3) Karya yang dicapai telah dirintis minimal 1 (satu) tahun;

3.4) Karya merupakan karya orisinil dan bukan karya orang lain

3.5) Pendaftaran dilakukan dilakukan atas nama ketua tim/perorangan dan pendaftar tersebut adalah yang bertanggung jawab atas karya yang diikutsertakan pada lelang karya pemuda;

3.6) Peserta yang terbukti mendaftarkan diri dengan data pribadi palsu atau tidak benar dan melakukan kecurangan, maka akan didiskualifikasi.

3.7) Keputusan Tim Juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

D. DESKRIPSI BIDANG LELANG KARYA PEMUDA 2019

Bidang-bidang Lelang Karya Pemuda dideskripsikan dengan pendekatan tujuan yang dilakukan dan dijelaskan masing-masing sesuai dengan makna kebidangan, batasan, cakupan dan fokus yang menjadi acuan untuk dideskripsikan secara operasional.

Adapun secara operasional bidang lelang kara pemuda dideskripsikan sebagai berikut :

1. Bidang Pendidikan
Adalah yang bertujuan untuk peningkatan kuaitas Sumber Daya Manusia baik melalui pendidikan formal, nonformal maupun informal pendidikan meliputi : inovasi, metodologi dan model pembelajaran, media dan alat bantu pembelajaran, teknologi pembelajar, pengembangan dan pengelolaan pendidikan secara swadaya.

Sub-sub bidang pendidikan tersebut merupakan fenomena atas tindakannya yang secara langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan diapresiasi oleh pelbagi pihak dan pemerintahan daerah setempat sebagai kepeloporan di bidang pendidikan untuk diajukan dalam Pemilihan Lelang Karya Pemuda.

2. Bidang Agama, Sosial dan Budaya
Bidang agama, sosial dan budaya merupakan praksara pemuda yang secara riil menghasilkan karya nyata rumpun-rumpun bidang yang mencakup :


(1) Agama : yakni dibidang dakwah ditengah masyarakat yang bertujuan kontribusi keagamaan dalam resolusi konflik, mewujudkan bela negara dengan bahasa agama dan peran dakwah di tingkat nasional dengan memanfaatkan media teknologi, juga sebagai pelopor dan pengembang model dakwah inovatif untuk generasi milineal.
(2) Sosial : yakni yang bertujuan penanggulangan bencana, pelayanan kesejahteraan sosial, tindakan kesukarelawanan dan prakarsa kemanusiaan lainnya, dan
(3) Budaya : yakni yang bertujuan pelestarian dan memperkaya khasanah budaya melalui seni (musik, tari, perupa, peran) aktifitas tradisi adat istiadat, sekolah adat, upacara adatdan lainnya untuk memelihara kebhinekaan dan mengharumkan budaya bangsa.
Karna karya tersebut akan berdampak pada meningkatnya perekonomian dan kesejahteraan masyarakat serta upaya menumbuhkan rasa cinta tanah air dan kesadaraan bernegara.

3. Bidang Pengelolaan Sumber Daya Alam Lingkungan dan Pariwisata
Bidang pengelolaan sumber daya alam lingkungan dan pariwisata merupakan prakarsa kepeloporan pemuda dalam mengkonservasi potensi sumber daya alam, lingkungan dan pariwisata melalui kegiatan-kegiatan: penataan, pengolahan, pelestarian, produksi dan pemasaran yang bertujuan untuk keberlanjutan sumber daya alam dan lingkungan serta pengembangan pariwisata yang meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

4. Pangan
Bidang pangan yang bertujuan pengembangan di bidang pangan dengan mengutamakan peningkatan di bidang pangan dengan mengutamakan peningkatan nilai guna, pengolahan, pemanfaatan, pengelolaan dan pemasaran produksi pangan untuk meningkatkan kesehatan pangan dan kecukupan gizi, menuju pada tercapaianya ketahanan pangan nasional, yang akan berdampak pada meningkatnya nilai tambah perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

5. Inovasi Teknologi
Bidang inovasi teknologi adalah upaya nyata pemuda dalam penciptaan, inovasi, pengembangan dan rekayasa teknologi berbagai bidang yang menghasilkan karya nyata sendiri (bukan hasil karya orang lain), yang bertujuan memberikan manfaat bagi peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

E. PROSEDUR PENDAFTARAN


1) Pendaftaran(online di http://bit.ly/lelangkaryapemudabulukumba2019 )  dilakukan atas nama peserta yang bersangkutan dan bagi peserta kelompok diwakilkan oleh ketua kelompoknya.
2) Pendaftaran peserta dengan mengisi form online di http://bit.ly/lelangkaryapemudabulukumba2019 dan mengupload berkas yang dibutuhkan tim pelaksana seleksi.
Berkas yang dibutuhkan yakni data pribadi (CV) dan Profil Karya yang terdiri dari :

  • Apa yang melatar belakangi karya/program anda ?
  • Jelaskan tujuan karya/program anda !
  • Jelaskan deksripsi karya/program anda !
  • Jelaskan hasil yang telah dicapai karya/program anda !
  • Siapa saja penerima manfaat dari karya.program anda ?
  • Bagaimana keberlanjutan karya/program anda ?
  • Lampirkan 3 foto terbaik karya/program apa lengkap dengan keterangannya.

3) Peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi (online) selanjutnya akan mengikuti jenjang penilaian yaitu tahap
presentase dan interview dengan dewan Juri dalam rangka menentukan pemenang.
4) Setelah melakukan penilaian, Dewan Juri akan membuat berita acara hasil penilaian sekaligus menetapkan pemenang Lelang Karya Pemuda 2019. Selanjutnya pemenang Lelang Karya Pemuda 2019 akan diumumkan melalui media cetak dan media online Pemerintah Kabupaten Bulukumba.
5) Selanjutnya para pemenang Lelang Karya Pemuda 2019 akan direkomendasikan untuk mengikuti seleksi Pemuda Pelopor 2019 di tingkat Provinsi.

F. JADWAL PELAKSANAAN


Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 1 Juni sampai dengan tanggal 13 Juli 2019 dengan jadwal pelaksanaan kegiatan sebagai berikut :

Pendaftaran Online: 1 Juni – 15 Juli 2019
Seleksi Administrasi : 15 - 20 Juli 2019
Pengumuman Seleksi Administrasi : 24 Juli 2019
Seleksi Presentase dan Wawancara : 27 - 28 Juli 2019
Pengumuman dan Penerimaan Penghargaan : 4 Agustus 2019

G. PENUTUP

Demikian deskripsi singkat pedoman pelaksaan seleksi Lelang Karya Pemuda 2019 ini, semoga segala ikhtiar untuk meningkatkan kualitas pemuda Bulukumba melalui karya dan aksi nyata diberbagai bidang. Semoga upaya yang dilakukan demngan ikhlas dan tulus, dapat membawa berkah dan memperoleh ridho Allah SWT, Tuhan yang maha kuasa.

Info lebih lanjut:
Indah (08114670064)
Dyah (082393385078)

e-mail : lelangkaryapemudabulukumba@gmail.com

Artikel Lainnya :

Tutup Festival Pinisi, Gubernur : Sektor Pariwisata Dorong Sektor Lain Ikut Bergerak

  Gubernur Sulawesi Selatan HM Nurdin Abdullah kembali mengunjungi Kabupaten Bulukumba. Kehadiran Gubernur untuk mengikuti seremoni penutupan Festival Pinisi ke 10 yang dipusatkan kawasan wisata pantai Tanjung Bira, Sabtu (14/9) malam. Ribuan...

Yuk Saksikan Makassar Biennale MB- Bulukumba

  Mulai Digelar 16-22 September Usai perhelatan Festival Pinisi nantinya. Warga daerah berjuluk Butta Panrita Lopi ini akan disuguhkan kegiatan seni budaya yang dilaksanakan oleh Makassar Biennale (MB) Capter Bulukumba di Tarungku Toa atau...

Karnaval Pakaian Hitam Tembus 22 Ribu Orang

  Bupati Ajak Mendoakan Prof BJ Habibie Karnaval Pakaian Hitam yang menjadi rangkaian dari Festival Pinisi ke-10 tahun 2019 membludak memenuhi jalan-jalan protokol di Kota Bulukumba. Masyarakat dengan pakaian hitam dengan berbagai varian...

Ribuan orang di Seremoni Pembukaan Festival Pinisi ke 10

  Ribuan orang memadati lapangan Pemuda Kabupaten Bulukumba untuk mengikuti seremoni pembukaan Festival Pinisi ke 10 tahun 2019. Event yang sejak tahun lalu masuk pada 100 Wonderful Events Kementerian Pariwisata RI ini dibuka oleh Koordinator...