Angka Kemiskinan Kabupaten Bulukumba Menurun

Diskominfo Bulukumba , 09 Desember 2019

Makassar- Upaya Pemerintah Kabupaten Bulukumba dalam pengentasan kemiskinan menunjukkan angka yang positif. Sesuai data Persentase Penduduk Miskin Kabupaten Kota Tahun 2019 dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Selatan, angka kemiskinan Kabupaten Bulukumba berada pada angka 7,26 persen atau mengalami penurunan dari 7,48 persen pada tahun 2018.

Data terakhir angka kemiskinan tersebut dipaparkan oleh Kepala BPS Sulawesi Selatan Yos Rusdiansyah dalam rapat koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Tingkat Provinsi di Kantor Gubernur Sulawesi Selatan yang dihadiri para Wakil Bupati/Walikota se Sulawesi Selatan, Senin 9 Desember 2019.

Dalam data BPS, tergambar Kabupaten Bulukumba berada pada posisi 7 besar paling terendah tingkat kemiskinannya setelah Soppeng (7,25), Luwu Timur (6,98), Wajo (6,91), Parepare (5,26), Sidrap (4,79) dan Makassar (4,28)

Yos Rusdiansyah menyebutkan beberapa faktor penyebab kemiskinan yaitu akses yang sulit, minimnya fasilitas publik, kualitas SDM yang rendah, potensi wilayah, serta kondisi perekonomian suatu daerah.

Untuk menurunkan angka kemiskinan, tambahnya Yos, pemerintah daerah harus mengoptimalkan jaminan dan bantuan sosial yang ada sekarang ini. “Selain itu harus berupaya meningkatkan kesempatan kerja dan produktivitas tenaga kerja,” imbuhnya.

Meski angka kemiskinan menurun, Wakil Bupati Tomy Satria Yulianto yang hadir dalam rakor tersebut mengaku belum merasa puas dengan pencapaian tersebut. Olehnya itu, pihak akan terus berupaya melakukan berbagai strategi penanggulangan kemiskinan melalui sinergitas lintas sektor.



“Intinya pelaksanaan program kegiatan dari OPD-OPD kita upayakan harus pro poor, pro job dan pro growth,” bebernya.(A3)

Artikel Lainnya :

Mobil Layanan Kependudukan dan GISA Akan Dilaunching pada Hari Jadi Bulukumba

  Bulukumba,- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bulukumba akan melaunching atau meresmikan mobil layanan kependudukan. Upaya tersebut sebagai langkah awal menuju "go digital". Kepala Disdukcapil, Andi Mulyati Nur...

Bupati Tinjau Jalan Provinsi, Jangan Jadikan Sarana Balapan Liar

  Bulukumba-, Selasa 21 Januari 2020, Bupati Bulukumba A. Sukri A. Sappewali meninjau langsung beberapa pembangunan Infrastruntur Jalan dan Jembatan guna memastikan penyelesaian pelaksanaan pembanguan yang masuk dalam wilayah kerjanya. Bupati...

Hadiri Rapat Pokja DPRD, Bupati Bulukumba Minta Kantor Dukcapil Segera Dihibahkan

  Makassar,- Pimpinan Kelompok Kerja DPRD Provinsi Sulawesi Selatan mengundang berapa instansi, baik pemerintah daerah, instasi vertikal maupun perguruan tinggi untuk mengikuti rapat kerja. Rapat yang dihadiri oleh Bupati AM Sukri Sappewali...

Baznas Gelar Pelatihan Guru di Kampung Zakat Kahayya

  Bulukumba,- Dalam rangka meningkatkan kreatifitas dan inovasi para guru di Desa Kahayya, Zakat Community Development (ZCD) BAZNAS menggelar Pelatihan Peningkatan Kreatifitas Guru di gedung SDN 350 Kahayya, Kecamatan Kindang, Bulukumba, Sabtu...