Satpol Razia Ternak di Bontobahari

Mulyadi_ganie , 16 Mei 2018

 

Satpol PP bekerjasama dengan Pemerintah Kecamatan Bontobahari melakukan razia ternak liar di sepanjang jalan Bontobahari, Rabu (16/5).

Razia ternak dilakukan untuk merespon keluhan masyarakat terkait keberadaan ternak yang berkeliaran di sepanjang jalan di Kecamatan Bontobahari, khususnya jalur menuju kawasan wisata Tanjung Bira. Pasalnya sering terjadi kecelakaan lalu lintas (lakalantas) yang dialami oleh pengunjung wisata maupun warga lokal yang disebabkan oleh ternak sapi maupun kambing yang bebas berkeliaran di jalan.

Razia ternak yang dipimpin langsung oleh Kasatpol PP Andi Baso Bintang ini adalah pertama kalinya dilakukan di luar Kecamatan Ujung Bulu atau kota Bulukumba. Dari razia yang dilakukan di Desa Darubiah dan Desa Bira, petugas mengumpulkan puluhan ternak sapi dan kambing.

Camat Bontobahari Dedi Rahmadi mengatakan operasi penertiban ternak kali ini masih berupa pembinaan atau tidak dikenakan denda kepada pemilik ternak, sehingga ternak yang diamankan di kantor desa masih diserahkan kepada pemiliknya setelah menandatangani surat pernyataan.

"Bisa dikatakan Bontobahari itu darurat ternak liar. Makanya kita melakukan penertiban karena sudah meresahkan dengan banyaknya lakalantas," beber Dedi Rahmadi.

Sebelum penertiban dilakukan, Dedi Rahmadi mengaku pihaknya sudah melakukan upaya sosialisasi kepada masyarakat pemilik ternak di desa masing-masing dan sosialisasi melalui mimbar masjid-masjid. Kedepannya, lanjutnya akan dilakukan penertiban kembali dan sudah akan dikenakan denda sesuai Perda Nomor 13 tahun 2013 tentang Pemeliharaan dan Penertiban Ternak.

Sesuai perda, 1 ekor sapi dikenakan denda sebanyak 1 juta rupiah, dan kambing 500 ribu rupiah. Olehnya itu Camat Bontobahari meminta bantuan dan dukungan kepada seluruh masyarakat dan stakeholder yang terkait untuk mewujudkan Kecamatan Bontobahari tertib ternak.

"Langkah ini juga sebagai upaya mendukung program pemerintah di sektor pariwisata. Untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung wisata," kata Dedi Rahmadi.(A2)

Artikel Lainnya :

Bupati Kukuhkan Paskibraka HUT Kemerdekaan RI ke 73

  Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang akan bertugas pada peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 73 tahun 2018 di Lapangan Pemuda pada tanggal 17 Agustus nanti sudah dikukuhkan oleh Bupati Bulukumba melalui upacara pengukuhan, Rabu...

Kenalkan Potensi Wisata Melalui Pidato Bahasa Inggris

  Bukan hanya mengajarkan Bahasa Inggris, tapi Rumah Belajar Bersama (RBB) juga melatih anak-anak Bira untuk mahir berpidato menggunakan Bahasa Inggris. Seperti dua pekan terakhir, Kelas Bahasa Inggris yang dicetus Dinas Pariwisata Bulukumba...

Bupati Silaturrahmi dengan Para Veteran dan Unsur Korban 40 Ribu Jiwa

  Seperti tahun-tahun sebelumnya, dalam menyongsong HUT Kemerdekaan RI, Pemerintah Kabupaten Bulukumba melalui Dinas Sosial melaksanakan silaturrahim dengan para veteran, janda Veteran, unsur Korban 40 Ribu Jiwa , pejuang perintis...

Karnaval TK Berlangsung Semarak

  Pelaksanaan karnaval dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI yang ke 73 tahun 2018 berlangsung semarak. Masyarakat terlihat antusiasme melihat devile karnaval yang diperagakan oleh anak Taman Kanak-Kanak...