RAPBD 2018 Diserahkan, Capai Nilai Rp1,499 Triliun

Mulyadi_ganie , 07 Desember 2017

 

Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali, menyerahkan rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (R-APBD) Bulukumba tahun anggaran 2018 kepada DPRD Bulukumba. Rancangan APBD Bulukumba 2018 senilai Rp1.499.931.468.629 triliun.

“Rencana pendapatan daerah sebagaimana yang dituangkan dalam Rancangan APBD Bulukumba 2018 senilai Rp1,499 triliun," kata Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali, saat menyampaikan pidato laporannya di gedung DPRD Bulukumba, Kamis (7/12).

Dalam pidato pengantar keuangan RAPBD 2018, Bupati Bulukumba juga merinci pendapatan asli daerah (PAD) 2018 ditargetkan Rp186,3 miliar, dana perimbangan sebesar Rp1,067 triliun, serta lain-lain pendapatan daerah yang sah sebesar Rp246,360 miliar.

Sementara itu, alokasi belanja daerah di 2018 terdiri dari belanja langsung dan tidak langsung. Alokasi belanja tersebut terkait dengan pengeluaran untuk kebutuhan belanja gaji pegawai serta kebutuhan belanja yang secara langsung terkait    Penyerahan R-APBD 2018 berlangsung dalam sidang paripurna yang dipimpin ketua DPRD Bulukumba, Hamzah Pangki.

Pada kesempatan yang sama juga diserahkan 3 buah ranperda yaitu Ranperda tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah, Ranperda tentang Retribusi Pelayanan Tera/Tera Ulang, serta Ranperda tentang Rencana Detail Tata Ruang dan Peraturan Zonasi Kawasan Perkotaan.

Pihak DPRD pun juga mengajukan ranperda inisiatif tentang Pengelolaan Sampah kepada pihak eksekutif. Menurut Andi Hamzah Pangki aturan pengelolaan sampah menjadi penting oleh karena laju pertumbuhan dan perkembangan penduduk semakin meningkat, olehnya itu dibutuhkan pengelolaan sampah yang lebih baik dengan membuatkan regulasi pengaturannya. Jika sampah tidak tertangani dengan baik, lanjut Hamzah Pangki, maka akan menimbulkan berbagai efek seperti gangguan kesehatan, bisa menjadi sumber kebakaran, dan dapat menimbulkan banjir karena adanya tumpukan sampah di saluran air.(A3)

Artikel Lainnya :

Bursa Inovasi Desa Digelar

  Wabup: Kades Jangan Selalu di Zona Nyaman Pemerintah Kabupaten Bulukumba melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) bekerjasama dengan Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) menggelar Bursa Inovasi Desa (BID)...

Bulukumba Kirim Bantuan Kemanusiaan Ke Palu dan Donggala

  Permerintah kabupaten (Pemkab) Bulukumba mengirim bantuan untuk korban gempa di Sulawesi Tengah. Bantuan sebanyak 18 truk dilepas Sekertaris Daerah (Sekda) Bulukumba, Andi Bau Amal, dikantor Bupati Bulukumba, Senin 8 Oktober...

Hari Libur, Bapenda Bulukumba Tetap Buka Layanan PBB-P2

  Jatuh tempo Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) yang sedianya jatuh pada hari ini, Jumat, 28 September 2018, akhirnya diperpanjang sampai hari Minggu, 30 September 2018. Hal ini dilakukan setelah melihat membludaknya...

Peringati Hari Pariwisata, Lintas Sektor Gelar Aksi Pilah Sampah dan Tanam Pohon

  Kesadaran merawat pariwisata Bulukumba mulai tumbuh. Kolaborasi lintas sektor menggelar aksi bersih dan penanaman pohon sembari mengedukasi pengusaha dan masyarakat sekitar kawasan wisata. Keindahan wisata bahari Bulukumba tak diragukan...