Paripurna Pertanggungjawaban APBD 2018, Bupati Sampaikan Terima Kasih kepada DPRD

Mulyadi_ganie , 15 Juli 2019

 

Atas nama Pemerintah Kabupaten, Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali menyampaikan terima kasih kepada pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Bulukumba yang telah menyelesaikan pembahasan rancangan peraturan daerah tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2018 pada Rapat Paripurna Pendapat Akhir Fraksi terkait Pertanggungjawaban APBD 2018 di Gedung DPRD, Senin 15 Juli 2019. Rapat paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Andi Hamzah Pangki dan dihadiri oleh Wakil Bupati Tomy Satria Yulianto.

 

“Kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada DPRD Kabupaten Bulukumba, dan secara khusus kepada fraksi-fraksi yang telah menyampaikan pendapat akhirnya, untuk menerima dan menyetujui penetapan Peraturan Daerah ini,” kata AM Sukri Sappewali saat memberikan sambutan.

 

Hakikat keberadaan pemerintahan daerah, lanjut Bupati menempatkan peran Pemerintah Daerah bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah sebagai mitra dalam melaksanakan peran dan tanggungjawabnya sebagai penyelenggara pemerintahan, dalam rangka pelayanan dan pembangunan guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

     

 

Dirinya juga mengapresiasi peran DPRD atas pencapaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI pada tahun 2018. Menurutnya capaian tersebut tidak terlepas dari peran, dukungan dan komitmen para anggota DPRD, sehingga Opini WTP tersebut dapat dipertahankan tujuh kali berturut-turut.

 

“Prestasi ini merupakan prestasi bersama antara Pemerintah Kabupaten dan DPRD Kabupaten Bulukumba, serta masyarakat Kabupaten Bulukumba,” imbuhnya.

Senada disampaikan oleh Bupati, Ketua DPRD Andi Hamzah Pangki menyebutkan jika pada tahun anggaran 2018 yang lalu, OPD Sekretariat DPRD mendapatkan penilaian clear and clean dari BPK. “Ini merupakan sejarah untuk pertama kalinya DPRD mendapatkan penilaian Clear and Clean dari BPK atas laporan keuangannya,” ungkapnya.

 

Rapat paripurna diawali dengan Pendapat Akhir Fraksi yang diwakili oleh juru bicara masing-masing. Sebanyak delapan fraksi DPRD yang membacakan pendapat akhir fraksinya menyetujui ranperda tersebut ditetapkan sebagai perda.

 

Pada rapat paripurna tersebut, DPRD menetapkan Perda Pertanggungjawaban APBD Tahun Anggaran 2018 dengan nilai sebagai berikut : Pendapatan sebesar Rp1.426.900.299.517,07, Belanja sebesar Rp1.402.274.876.733,31 sehingga Surplus sebesar Rp 24.625.422.783,76. Adapun Pembiayaan yakni Penerimaan Daerah sebesar Rp 20.033.412.312,60 dan Pengeluaran Daerah sebesar Rp 26.175.597.608,00, sehingga jumlah pembiayaan netto sebesar Rp (6.142.185.295,40).(A3/Humas)

Artikel Lainnya :

Wabup Kukuhkan TPAKD Kabupaten Bulukumba

  Tomy  : TPAKD Harus Dorong Inklusi Keuangan Wakil Bupati Tomy Satria Yulianto mengukuhkan anggota Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Bulukumba. TPAKD ini dipimpin oleh Sekretaris Daerah selaku Koordinator Tim, lalu...

Liga Desa Nusantara Provinsi Sulawesi Selatan digelar di Kabupaten Bulukumba

  Kejuaraan sepak bola bertajuk Liga Desa Nusantara 2019 seri Provinsi Sulawesi Selatan digelar dan di Buka oleh Bupati Bulukumba A.M Sukri Andi Sappewali di Lapangan Sepak Bola Bicari Desa Palambara'e Kecamatan Gantarang Kabupaten...

Di Perkemahan Pramuka, AM Sukri Sappewali Melantik Bupati dan Jajarannya

  Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali membuka Perkemahan Pramuka di lapangan Desa Bontotangnga, Kecamatan Bontotiro, Bulukumba, Selasa 20 Agustus 2019. Perkemahan yang berlangsung pada tanggal 19 sampai 23 Agustus ini digelar oleh Kwartir...

40 Anggota DPRD Terpilih 2019 diambil sumpahnya

  Sebanyak 40 anggota DPRD Kabupaten Bulukumba hasil Pemilu 2019  diambil sumpahnya di ruang rapat gedung baru DPRD lantai 2 Kabupaten Bulukumba, Senin (19/8/2019) Pengambilan sumpah dan janji dilakukan melalui Rapat paripurna istimewa...