Paripurna Pertanggungjawaban APBD 2018, Bupati Sampaikan Terima Kasih kepada DPRD

Mulyadi_ganie , 15 Juli 2019

 

Atas nama Pemerintah Kabupaten, Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali menyampaikan terima kasih kepada pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Bulukumba yang telah menyelesaikan pembahasan rancangan peraturan daerah tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2018 pada Rapat Paripurna Pendapat Akhir Fraksi terkait Pertanggungjawaban APBD 2018 di Gedung DPRD, Senin 15 Juli 2019. Rapat paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Andi Hamzah Pangki dan dihadiri oleh Wakil Bupati Tomy Satria Yulianto.

 

“Kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada DPRD Kabupaten Bulukumba, dan secara khusus kepada fraksi-fraksi yang telah menyampaikan pendapat akhirnya, untuk menerima dan menyetujui penetapan Peraturan Daerah ini,” kata AM Sukri Sappewali saat memberikan sambutan.

 

Hakikat keberadaan pemerintahan daerah, lanjut Bupati menempatkan peran Pemerintah Daerah bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah sebagai mitra dalam melaksanakan peran dan tanggungjawabnya sebagai penyelenggara pemerintahan, dalam rangka pelayanan dan pembangunan guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

     

 

Dirinya juga mengapresiasi peran DPRD atas pencapaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI pada tahun 2018. Menurutnya capaian tersebut tidak terlepas dari peran, dukungan dan komitmen para anggota DPRD, sehingga Opini WTP tersebut dapat dipertahankan tujuh kali berturut-turut.

 

“Prestasi ini merupakan prestasi bersama antara Pemerintah Kabupaten dan DPRD Kabupaten Bulukumba, serta masyarakat Kabupaten Bulukumba,” imbuhnya.

Senada disampaikan oleh Bupati, Ketua DPRD Andi Hamzah Pangki menyebutkan jika pada tahun anggaran 2018 yang lalu, OPD Sekretariat DPRD mendapatkan penilaian clear and clean dari BPK. “Ini merupakan sejarah untuk pertama kalinya DPRD mendapatkan penilaian Clear and Clean dari BPK atas laporan keuangannya,” ungkapnya.

 

Rapat paripurna diawali dengan Pendapat Akhir Fraksi yang diwakili oleh juru bicara masing-masing. Sebanyak delapan fraksi DPRD yang membacakan pendapat akhir fraksinya menyetujui ranperda tersebut ditetapkan sebagai perda.

 

Pada rapat paripurna tersebut, DPRD menetapkan Perda Pertanggungjawaban APBD Tahun Anggaran 2018 dengan nilai sebagai berikut : Pendapatan sebesar Rp1.426.900.299.517,07, Belanja sebesar Rp1.402.274.876.733,31 sehingga Surplus sebesar Rp 24.625.422.783,76. Adapun Pembiayaan yakni Penerimaan Daerah sebesar Rp 20.033.412.312,60 dan Pengeluaran Daerah sebesar Rp 26.175.597.608,00, sehingga jumlah pembiayaan netto sebesar Rp (6.142.185.295,40).(A3/Humas)

Artikel Lainnya :

Cegah Stunting, Dinkes Gelar Workshop Konvergensi

Bulukumba,-  Saat ini isu stunting menjadi prioritas pemerintah dalam  pembangunan kesehatan. Indonesia adalah negara ke-5 dengan jumlah balita tertinggi mengalami stunting. Kabupaten Bulukumba sendiri per Oktober 2019 memiliki anak balita...

Bulukumba Kembali Terima Penghargaan Kabupaten Peduli HAM

Bandung, - Kabupaten Bulukumba kembali meraih penghargaan sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) pada puncak Peringatan Hari HAM Sedunia ke 71 yang dilaksanakan di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Jawa Barat. Selasa, 10...

Setelah Mediasi, Hulu Sappayya Na’na Jadi Induk Air PDAM

Bulukumba- Penolakan warga Na’na Kelurahan Borong Rappoa Kecamatan Kindang terhadap proyek pengembangan Sistem Pengelolaan Air Minum PDAM telah mendapatkan titik temu dan solusi penyelesaian setelah dilakukan mediasi langsung antar pihak....

Angka Kemiskinan Kabupaten Bulukumba Menurun

Makassar- Upaya Pemerintah Kabupaten Bulukumba dalam pengentasan kemiskinan menunjukkan angka yang positif. Sesuai data Persentase Penduduk Miskin Kabupaten Kota Tahun 2019 dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Selatan, angka kemiskinan...