Nuzulul Quran di Masjid Islamic Center Dato Tiro

Mulyadi_ganie , 02 Juni 2018

 

Bupati AMS : Tidak Pantas Seorang Pejabat yang Muslim Tidak Bisa Baca Alquran.

Panitia Hari Besar Islam (PHBI) bersama dengan Pemerintah Kabupaten Bulukumba menyelenggarakan malam Nuzulul Quran di Masjid Islamic Center Dato'Tiro, Jumat 1 Juni 2018 atau 17 Ramadan 1439 hijriah.

Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Al Qur'an oleh Sappewali, salah satu Qari terbaik di Bulukumba. Ia membacakan surat Al Isra ayat 9 sampai 11 dan surat Alqadr. Panitia pelaksana Dr. Ali Yafid menyebut pelaksanaan hari besar Islam seperti malam Nuzulul Qur'an rutin dilaksanakan bersama dengan pemerintah kabupaten.

"Alhamdulillah, hasil rapat pada tanggal 8 Mei lalu kami memutuskan melaksanakan kegiatan untuk tahun ini di Masjid Islamic Center Dato'Tiro," ujar Ali Yafid yang juga Kepala Kemenag Bulukumba ini.

Sementara itu Bupati Andi Muhammad Sukri Sappewali (AMS) dalam sambutannya mengatakan kitab suci Alquran diturunkan di bulan ramadhan, sehingga esensi pokok yang harus diambil dalam ramadhan ini adalah menjadikan momentum untuk semakin menggiatkan diri dalam membaca, mengkaji dan memahami Alquran dan selanjutnya diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Jemaah memadati Islamic centre saat perayaan Nuzulul Qur'an 17 Ramadhan 1439H (foto : Humas)

 

Di Bulukumba, lanjut AMS, crash program yang salah satunya baca tulis Al-Qur'an senantiasa diimplementasikan. Untuk masuk sekolah calon siswa dites mengaji untuk mengetahui kemampuan baca tulis alqurannya.

"Kalau dia tidak tahu, bukan berarti tidak diloloskan, tapi justru pihak sekolah yang akan memberikan pembinaan khusus kepada siswa tersebut sampai ia pintar mengaji," imbuh AMS.

Hal yang sama diberlakukan di lingkup pemerintah kabupaten. AMS menyebut para pejabat yang akan dilantik diharuskan tes baca Alquran dulu.

"Tidak pantas seorang pejabat yang muslim tidak tahu baca Qur'an," tegas AMS.

Adapun pembawa tauziah Nuzulul Qur'an adalah ustaz Abd Hakim Buhari. Ia mengatakan salah satu rukun iman dari seorang yang mengaku Islam adalah meyakini atau mengimani kitab suci Alquran yang diturunkan oleh Allah SWT.

"Isi Al-Qur'an itu bukan perkataan biasa tapi ungkapan langsung dari Allah. Makanya Al-Qur'an tidak pernah berubah karena selalu terpelihara sejak diturunkan sampai detik ini," kata Wakil Ketua MUI Bulukumba ini.

Menurutnya pembuktian atas kebenaran Al-Quran justru banyak muncul di masa-masa sekarang ini setelah dikaji, baik oleh orang Islam maupun dari kalangan non Islam.

"Beberapa kasus orang Yahudi non Islam masuk Islam gara-gara hanya karena mempelajari hukum alam yang sesuai dengan ayat yang ada dalam Al-Qur'an," ungkapnya.

Tampak hadir pada malam Nuzulul Quran ini, Wakil Bupati Tomy Satria Yulianto, Sekda Andi Bau Amal, Kapolres AKBP M Anggi Naulifar Siregar, Dandim 1411 Letkol ARM Sutikno dan sejumlah kepala OPD.(A3)

Artikel Lainnya :

Sosialisasi Torch Relay, Passapeda Gowes Sampai ke PPI Bontobahari

  Dalam rangka menyambut event Kirab Obor Api Asian Torch Relay di Kabupaten Bulukumba pada 28 Juli mendatang, komunitas sepeda  Bulukumba Panrita Sapeda Community (BPSC) menggelar sepeda santai atau gowes dengan rute Kantor Bupati sampai...

Obor Api Asian Games Akan Dikawal 3 Pinisi dan 45 Kapal lainnya ke Tanjung Bira

  Obor Api Asian Games (Torch Relay) akan tiba di Bulukumba pada tanggal 28 Juli 2018. Kabupaten Bulukumba menjadi daerah yang dilintasi parade Torch Relay Asian Games setelah obor tersebut tiba dari Papua. Sesuai rencana, Obor Api Asian Games...

Wabup Lepas Delegasi Hari Anak Nasional

  Sepuluh orang yang mewakili anak-anak Bulukumba dari unsur Forum Anak Panrita Lopi, Forum Anak Desa serta perwakilan Anak Masyarakat Adat Kajang dan beberapa anak dari beberapa desa dilepas Wakil Bupati Bulukumba Tomy Satria Yulianto untuk...

Bulukumba Akan Terima Penghargaan KLA di Hari Anak Nasional

  Kabupaten Bulukumba akan menerima penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) yang akan diserahkan pada puncak acara peringatan Hari Anak Nasional yang dipusatkan di Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur, Senin 23 Juli mendatang. Kementerian...