Lomba Story Telling dan Membaca estafet Tingkat SD/MI

Mulyadi_ganie , 14 Mei 2018

 

Dalam rangka meningkatkan minat dan budaya membaca di perpustakaan bagi kalangan pelajar, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Bulukumba mengadakan lomba story telling dan membaca estafet, dibuka oleh Bupati Bulukumba yang diwakili oleh Staf Ahli bupati bidang hukum, politik dan pemerintahan Drs. H. M. Haerul Nurdin. M. Si, bertempat di Gedung PKK, Senin (14/5/2018).

Ketua Panitia Hj. Husniah S. Sos dalam laporannya mejelaskan kegiatan ini akan berlangsung selama 2 hari, 14 - 15 Mei 2018 yang diikuti perwakilan dari Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah sepuluh kecamatan di Bulukumba.

"Lomba ini akan berlangsung 2 hari, sehari lomba story telling diikuti 20 peserta dan sehari juga lomba membaca estafet yg diikuti 30 peserta yang merupakan perwakilan dari sepuluh kecamatan" ujarnya saat membacakan laporan panitia.

Lebih lanjut ia menjelaskan perwakilan setiap kecamatan ini adalah juara 1 dan 2 untuk story telling dan juara 1,2 dan 3 untuk membaca estafet di daerahnya masing - masing.

Kepala DPK Bulukumba, Drs. H. A. Baso Maskur, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan story telling dan membaca estafet ini bertujuan untuk menumbuh kembangkan budaya literasi serta memupuk minat baca anak usia dini sebagai wahana dalam meningkatkan pengetahuan di masa depan. Juga para siswa agar mampu menjadi pendongeng yang handal dengan menggunakan berbagai metode.

Sementara itu Bupati Bulukumba dalam sambutannya yang dibacakan oleh Staf Ahli bidang hukum, politik dan pemerintahan Drs. H. M. Haerul Nurdin mengatakan, kegiatan ini merupakan strategi untuk mengembangkan budaya membaca, ketrampilan dan pemahaman di kalangan generasi muda.

Selain itu, sesuai amanat undang-undang, pendidikan bertujuan untuk mengembangkan kemampuan potensi anak bangsa, agar dapat menciptakan sumber daya manusia yang kompetitif di era globalisasi.

“Oleh sebab itu, penyelenggaraan pendidikan harus berdasarkan beberapa prinsip antara lain sebagai suatu proses pemberdayaan dan pengembangan budaya minat baca. Kedua prinsip ini harus saling menunjang,” ujar Bupati Bulukumba dalam sambutannya.(ridho)

Artikel Lainnya :

BUPATI BULUKUMBA SERAHKAN BANTUAN PADA KELOMPOK USAHA BERSAMA PROGRAM KELUARGA HARAPAN

  Hari ini, 16 Januari 2019, Bupati Bulukumba A. Sukri A. Sappewali melaksanakan aktifitas pemerintahannya dengan melaksanakan kunjungan ke Kecamatan Kajang. Dalam pelaksanaan kegiatannya hari ini, A. Sukri A. Sappewali memberikan Bantuan...

Wabup Pimpin Monev Tahun Anggaran 2018

  Wakil Bupati Tomy Satria Yulianto memimpin pelaksanaan rapat Monitoring dan Evaluasi (Monev) Kegiatan Pembangunan Triwulan IV tahun anggaran 2018, di aula Bappeda, Selasa (15/1). Sejumlah permasalahan yang mencuat dalam rapat tersebut,...

Bulukumba Kembali Raih Piala Adipura

  Kabupaten Bulukumba kembali meraih Piala Adipura yang tahun sebelumnya gagal diraih oleh Bulukumba. Namun dengan upaya Pemerintah Kabupaten bersama masyarakat, Bulukumba kembali meraih Piala Adipura untuk tahun 2018 yang baru diterima pada...

Wabup Launching Gerakan Bulukumba Membawa Tumblr

  Untuk mengurangi penggunaan dan penumpukan sampah plastik, Pemerintah Kabupaten Bulukumba melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) menginisiasi Gerakan Bulukumba Membawa Tumblr atau botol air minum. Penggunaan tumblr diharapkan...