Dispora Gagas Rumah Inovasi Pemuda

Mulyadi_ganie , 03 Oktober 2019

 

Rumah Inovasi Pemuda Bulukumba yang disingkat Rinduku menjadi bagian dari Program Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bulukumba akan diluncurkan 15 Oktober mendatang. Rinduku digagas untuk menjadi wadah bagi pemuda untuk mengembangkan ide dan bakatnya.

Kabid Pemberdayaan Pemuda dan Kepramukaan Dikpora, Indrawaty Amin mengatakan, Bulukumba merupakan daerah yang memiliki banyak potensi termasuk kekayaan sumber daya manusia yang memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Salah satu potensi paling besarnya adalah dinamika kaum muda yang memiliki potensi untuk terus diberi ruang gerak.

Melalui Rinduku, lanjut Indrawaty dapat menjadi ruang untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas sumber daya manusia (SDM) sesuai dengan bidangnya.

 

"Melalui program ini diharapkan pemuda diapresasi dan didorong untuk melahirkan ide, gagasan, dan aksi nyata untuk berdaya saing," ujar perempuan yang akrab disapa Indah itu.

Program Rinduku salah satu upaya mewujudkan visi misi pemerintah daerah dalam peningkatan kualitas SDM yang berjiwa kompetitif, serta menjadikan Bulukumba meraih predikat Kabupaten Layak Pemuda tingkat nasional.

Untuk menguatkan Rinduku, kata Indah, perlu dukungan tim internal dan eksternal, misalnya dengan pengenalan program dengan OKP dan komunitas pemuda, termasuk tim Kelompok Ilmiah Remaja (KIR).

"Kita akan memulai dengan kegiatan kolaborasi dan pameran karya pemuda," jelas Indah.

Sebelumnya, Dispora Bulukumba telah melaksanakan Lelang Karya Pemuda (LKP) dalam menjaring pemuda-pemuda yang memiliki ide dan gagasan yang diaplikasikan di masyarakat. Sejumlah bidang dilombakan pada ajang tersebut di antaranya, pangan, teknologi, pendidikan dan sosial.(A3/Humas)

Artikel Lainnya :

Launching Rumah Inovasi Pemuda 

  Bupati : Bulukumba Miliki Beragam Potensi Pemuda Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bulukumba menginisiasi program Rumah Inovasi Pemuda Bulukumba yang disingkat Rinduku. Peluncuran proyek tersebut dilakukan Bupati Bulukumba, AM...

Sensus Penduduk 2020 Akan Menggunakan Metode Kombinasi Apa itu Silahkan Dibaca

  Tahun 2020 mendatang, Badan Pusat Statistik (BPS) kembali melaksanakan Sensus Penduduk. Sensus Penduduk yang dilaksanakan setiap 10 tahun ini merupakan penghitungan jumlah seluruh penduduk, baik WNI maupun WNI yang dilakukan dalam jangka...

Senyuman Miana, Bawa Arwis sebagai Top Tenaga Kesehatan Teladan Provinsi

  Salah seorang tenaga kesehatan di Kabupaten Bulukumba kembali mengukir prestasi. Arwis yang menjadi tenaga kefarmasian Puskesmas Borong Rappoa Kecamatan Kindang terpilih sebagai Tenaga Kesehatan Teladan tingkat Provinsi Sulawesi Selatan....

Anda Mahasiswa Ber-IPK 3,80, Dapatkan Beasiswa dari Pemda Bulukumba

  Saat ini, para mahasiswa S1 yang berasal dari Kabupaten Bulukumba, di mana pun menempuh kuliah, baik perguruan tinggi swasta atau negeri dapat mengakses beasiswa yang disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Bulukumba melalui Dinas Pendidikan dan...