Dinas Pariwisata Latih Staf Pengelola Hotel

Mulyadi_ganie , 12 September 2017

Untuk menunjang pengembangan pariwisata Pemerintah Kabupaten Bulukumba melalui Dinas Pariwisata melaksanakan Pelatihan Operasional Perhotelan dan Penginapan Berbasis Kompetensi dan Sertifikasi Kompetensi.

Acara yang berlangsung tanggal 12 sampai 14 September 2017 di Hotel Agri Bulukumba ini dibuka oleh Asisten Administrasi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, Djunaidi Abdillah yang mewakili Bupati Bulukumba.

Dalam sambutannya, ia mengungkapkan pentingnya pelatihan dan sertifikasi ini oleh karena saat ini hampir di semua sektor memerlukan SDM yang berkualitas yang ditunjukkan salah satunya dengan adanya sertifikasi kompetensi.

“Pemkab Bulukumba sangat konsen dengan pengembangan SDM Pariwisata di daerah ini. Terbukti dengan kegiatan seperti ini agar kedepannya kita bisa betul-betul bisa menjadi tuan rumah di daerah sendiri dengan profesionalisme di bidang kepariwisataan,” ungkapnya .

Sementaraitu, Kepala Dinas Pariwisata Muh Ali Saleng mengatakan pentingnya sertifikasi bagi pelaku usaha pariwisata. Ali Saleng mencontohkan, pernah satu waktu wartawan City Link yang ingin meliput keindahan bawah laut di Pulau Kambing, urung melakukan liputan bawah laut karena “diver” pendamping yang disiapkan oleh Dinas Pariwisata waktu itu ternyata tidak satu pun yang memiliki sertifikat. Sehingga Ali Saleng mengharapkan para peserta bisa maksimal menggali ilmu dalam pelatihan ini agar didapatkan profesional-profesional muda bidang pariwisata di Bulukumba.

Kegiatan Pelatihan Operasional Perhotelan ini terlaksana atas kerjasama dengan Politeknik Pariwisata Makassar. Peserta berjumlah 30 orang berasal dari karyawan hotel dan penginapan di sekitar yang terdiri dari karyawan Room Attendant, Food and Beverage serta Front Office.

Pembantu Direktur I Poltekpar Makassar, Muh Arifin mengungkapkan pelatihan tersebut merupakan implementasi dari MoU yang telah ditandatangani Dinas Pariwisata dan Poltekpar Makassar beberapa waktu yang lalu untuk meningkatkan profesionalisme SDM Pariwisata di daerah ini.

"Untuk menjaga obyektifitas penilaian sertifikasi kompetensi ini, kami juga menggandeng Badan Nasional Sertifikasi Profesi," ujar Muh Arifin.(A3)

Artikel Lainnya :

Bupati Pimpin Pertemuan DKP

  Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali selaku Ketua Dewan Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Bulukumba menghadiri dan pemimpin secara langsung pertemuan reguler yang dilaksanakan oleh Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Bulukumba, di Hotel Agri,...

Ramah Tamah Sambut Kontingen Porseni PGRI IV di Lutim

  Bulukumba Target Pertahankan Gelar Juara Umum Dalam rangka gelaran Pekan Olahraga dan Kesenian (Porseni) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) se Sulawesi Selatan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Timur (Lutim) menjamu para kontingen...

Bupati Rapat Evaluasi dengan Manajemen Rumah Sakit

Menyikapi berbagai persoalan yang muncul di publik terkait layanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) H Andi Sulthan Daeng Radja, Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba mengumpulkan jajaran rumah sakit, mulai dari pejabat manajemennya, dokter, perawat sampai...

Bupati Hadiri Diskusi Program USAID-IUWASH Plus

Dalam rangka melanjutkan program Pengelolaan Air Limbah Domestik di Kabupaten Bulukumba, Pemerintah Kabupaten Bulukumba bekerjasama dengan USAID dalam rangka mewujudkan program tersebut. Kerjasama ini dilakukan oleh karena bangunan Instalasi...