Bupati Serahkan LKPJ Tahun 2018

Mulyadi_ganie , 22 April 2019

 

Untuk pertama kalinya pasca Pemilu 2019, DPRD Kabupaten Bulukumba menggelar Rapat Paripurna terkait Penyerahan Laporan Pertanggung-jawaban (LKPJ) Kepala Daerah Tahun 2018 kepada DPRD Bulukumba.

Penyerahan LKPJ Bupati tahun 2018 berlangsung dalam rapat Paripurna DPRD dipimpin Ketua DPRD Bulukumba, Andi Hamzah Pangki yang menerima secara simbolis penyerahan dokumen LKPJ Kepala Daerah Tahun 2018 dari Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali di gedung DPRD Bulukumba, Senin (22/4).

Dari 40 anggota DPRD, sebanyak 27 anggota Dewan hadir mengikuti rapat paripurna tersebut termasuk ketiga Pimpinan DPRD. Rapat paripurna juga dihadiri Wakil Bupati Bulukumba Tomy Satria Yulianto, Sekda Andi Bau Amal, serta pejabat lingkup Pemkab Bulukumba.

Ketua DPRD Bulukumba, Hamzah Pangki, mengatakan sesuai pasal 23 ayat 1 Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2007 bahwa LKPJ disampaikan oleh Kepala Daerah dalam Rapat Paripurna DPRD.

Oleh karena itu secara normatif dalam sistem ketatanegaraan, ini merupakan bentuk tanggungjawab pemerintah kepada masyarakat secara periodik dan menjadi sebuah keharusan bagi Bupati dan Wakil Bupati untuk menyampaikan progres report atas pelaksanaan tugas dan pencapaiannya.

Dikatakannya bahwa di DPRD dalam menilai dan mengevaluasi kinerja pemerintah, baik terhadap laporan keuangan, serapan anggaran, maupun output yang dihasilkan dari program pembangunan dilakukan melalui reses maupun pembahasan dan klarifikasi yang pada akhirnya nanti menghasilkan rekomendasi catatan strategis konstruktif melalui pansus DPRD.

"LKPJ Kepala Daerah Tahun Anggaran 2018 adalah LKPJ Tahun ketiga Bupati Bulukumba dalam menyelenggarakan pemerintahan," ungkap Hamzah Pangki.

Untuk pembahasan LKPJ, Ketua DPRD juga menetapkan nama-nama Panitia Khusus (Pansus) LKPJ Tahun 2018

Pada rapat paripurna tersebut Bupati membacakan Pidato Pengantar LKPJ Tahun 2018 yang kemudian dilanjutkan oleh Wakil Bupati. Di akhir pidatonya, Wakil Bupati Tomy Satria Yulianto mengajak DPRD dan semua pihak untuk tetap menjaga kebersamaan pasca pelaksanaan Pemilu 2019 yang lalu.

"Kami berharap anggota DPRD ikut
menyejukkan situasi pasca pemilu. Mari bersama-sama mengawal dan menyerahkan proses perekapan dan penetapan hasil pemungutan suara kepada KPU. Semoga kita semua dapat menjadi pemenang sejati," tutup Tomy Satria Yulianto.(A3/Humas)

Artikel Lainnya :

Wabup Kukuhkan TPAKD Kabupaten Bulukumba

  Tomy  : TPAKD Harus Dorong Inklusi Keuangan Wakil Bupati Tomy Satria Yulianto mengukuhkan anggota Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Bulukumba. TPAKD ini dipimpin oleh Sekretaris Daerah selaku Koordinator Tim, lalu...

Liga Desa Nusantara Provinsi Sulawesi Selatan digelar di Kabupaten Bulukumba

  Kejuaraan sepak bola bertajuk Liga Desa Nusantara 2019 seri Provinsi Sulawesi Selatan digelar dan di Buka oleh Bupati Bulukumba A.M Sukri Andi Sappewali di Lapangan Sepak Bola Bicari Desa Palambara'e Kecamatan Gantarang Kabupaten...

Di Perkemahan Pramuka, AM Sukri Sappewali Melantik Bupati dan Jajarannya

  Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali membuka Perkemahan Pramuka di lapangan Desa Bontotangnga, Kecamatan Bontotiro, Bulukumba, Selasa 20 Agustus 2019. Perkemahan yang berlangsung pada tanggal 19 sampai 23 Agustus ini digelar oleh Kwartir...

40 Anggota DPRD Terpilih 2019 diambil sumpahnya

  Sebanyak 40 anggota DPRD Kabupaten Bulukumba hasil Pemilu 2019  diambil sumpahnya di ruang rapat gedung baru DPRD lantai 2 Kabupaten Bulukumba, Senin (19/8/2019) Pengambilan sumpah dan janji dilakukan melalui Rapat paripurna istimewa...