Bupati Minta OPD Lain Bantu Proklim

Mulyadi_ganie , 06 Maret 2018

 

Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Bulukumba menggelar sosialisasi Program Kampung Iklim (Proklim) di Hotel Agri Bulukumba, Selasa 6 Maret 2018. Sosialisasi diikuti perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat, serta kepala desa.

Tahun 2018 ini, Pemkab Bulukumba menetapkan 10 desa di Bulukumba yang menjadi lokasi program kampung iklim.

"Saya mengajak OPD lain untuk ikut membantu (mengeroyok) program kampung iklim yang dilaksanakan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Kalau perlu kita kucurkan dana yang lebih. Mudah-mudahan hasil dari program iklim bisa kita nikmati alam yang bersih dan nyaman," kata Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali, saat menyampaikan sambutannya.

Untuk mencegah terjadinya perubahan iklim ekstrem, Bupati AM Sukri Sappewali, meminta semua pihak untuk tidak menebang pohon secara sembarangan.

"Saya juga mengingatkan masyarakat untuk tidak menjarah hutan. Menjarah hutan merupakan tindakan yang akan mempengaruhi iklim kita," ujarnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bulukumba, Andi Misbawati Wawo mengatakan program kampung iklim sudah dilaksanakan sejak lima tahun lalu, Program kampung iklim merupakan kegiatan nasional.

Desa Salassae Kecamatan Bulukumpa, merupakan salah satu desa yang telah meraih penghargaan kampung iklim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"Tahun 2018 ini, ada 10 desa di Bulukumba yang ditetapkan sebagai lokasi peserta program kampung iklim," ujar Kepala DLHK Bulukumba, Andi Misbawati Wawo.

Perubahan iklim, lanjut Misbawati akan mengakibatkan terjadinya banjir, tanah longsor, kekeringan, serta gagal panen, karenanya, diperlukan upaya mitigasi untuk mencegah terjadinya perubahan iklim yang ekstrem seperti pengelolaan sampah dan limbah yang baik.(A3/Ud)

Artikel Lainnya :

Ribuan Umat Islam Shalat Id di Lapangan Pemuda

  Pelaksanaan shalat Idul Fitri 1 Syawal 1439 hijriah tahun 2018 tingkat kabupaten yang dilaksanakan PHBI dipusatkan di Lapangan Pemuda dan halaman Kantor Bupati Bulukumba. Walhasil ribuan warga kota Bulukumba berbondong bondong mengikuti...

Wabup Lepas Takbir Keliling

  Malam takbiran dalam rangka hari raya Idul Fitri 1439 Hijriah digelar oleh Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Bulukumba dengan menggelar Takbir Keliling menggunakan kendaraan roda 4 yang sudah dihias, Kamis, 14 Juni 2018. Takbir keliling yang...

Di Mekkah Warga Bulukumba Shalat Gaib Untuk Almarhumah Istri Bupati

  Keindahan kehidupan dunia ini karena adanya misteri. Rezki, jodoh, kematian adalah misteri bagi umat manusia. Mereka tidak tahu kapan dan dimana akan dia dapatkan. Setelah itu terjadi, barulah kita manusia menyadarinya. Tidak terkecuali...

Selamat Jalan Ibunda Rosna Rosman

  Innalilahi wainnailaihi rajiun. Bulukumba berduka, pasalnya di penghujung bulan ramadhan 1439 Hijriah, kabar duka menghampiri masyarakat Kabupaten Bulukumba, istri tercinta Bupati Bulukumba, A.M. Sukri A. Sappewali, Dra. Hj. Rosna Rosman...