Desa Kahayya Segera Terang

Mulyadi_ganie , 02 Maret 2018

Dalam pengembangan Desa Kahayya, selain pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan, Pemerintah Kabupaten Bulukumba juga berupaya memasukkan aliran listrik di desa yang berbatasan dengan Kabupaten Sinjai ini dengan menggandeng pihak PT PLN (Persero) Bulukumba. Melalui program Listrik Masuk Desa (Lisdes) pekerjaan instalasi kabel dan tiang listrik akan dilaksanakan bulan Maret ini sepanjang 3,75 kilometer.

Unit Percepatan Pembangunan Kelistrikan (UPPK) Bagian PIC Lisdes area Bulukumba, Muhammad Idris Limpo mengatakan, realisasi tersebut sesuai permintaan Pemerintah Kabupaten Bulukumba melalui aspirasi masyarakat.

Pengerjaannya akan  dilakukan segera setelah tiang yang sekarang ini sudah berada di pelabuhan dimobilisasi ke Kahayya. Dari hitungan asumsi jarak 50 meter untuk titik tiang diperkirakan jumlah tiang akan dipasang di atas 70 unit.

“Begitu tiangnya diangkut ke sana kita sudah bekerja, Kira-kira akan dipasang tiang 70 lebih yang diperuntukan di sana jenis tiang 11,” ungkapnya.

Sejauh 3,75 km untuk program Lisdes itu, kata Idris dari hasil survey lapangan mencapai di kota pedesaan, yakni di sekitar kantor Desa Kahayya. Meski begitu diharapkan dapat mengaliri semua dusun di sana. Diharapkan pula kepada masyarakat setempat untuk  memudahkan pelaksanaan proyek Lisdes ini.

“Pembangunan jaringan listrik ini diharapkan tidak terhalangi dengan lahan dan pohon masyarakat, karena PLN tidak ada anggaran pembebasan lahan,” pintanya.

Setelah mengaliri Kahayya, lanjut Idris proyek Lisdes di Bulukumba rampung 100 persen. Meskipun diakui permohonan dari Bulukumba masih ada sejumlah kampung yang belum tersentuh namun keseluruhan listrik PLN sudah menjangkau desa. 

“Banyak permohonan yang masuk, termasuk Kahayya, tapi kita kan melihat skala prioritas. Murni desa yang belum berlistrik memang seperti Kahayya yang diutamakan,” katanya.

Desa Kahayya menjadi salah satu wilayah prioritas pengembangan wisata di Bulukumba yang terkenal dengan kopi Kahayya dan puncak Donggia-nya.

Pada bulan September mendatang akan digelar dua event wisata yakni Senandung Kopi Kahayya (8 September), Adventure Trail Kahayya (9 September).(A3)

Artikel Lainnya :

Ribuan Umat Islam Shalat Id di Lapangan Pemuda

  Pelaksanaan shalat Idul Fitri 1 Syawal 1439 hijriah tahun 2018 tingkat kabupaten yang dilaksanakan PHBI dipusatkan di Lapangan Pemuda dan halaman Kantor Bupati Bulukumba. Walhasil ribuan warga kota Bulukumba berbondong bondong mengikuti...

Wabup Lepas Takbir Keliling

  Malam takbiran dalam rangka hari raya Idul Fitri 1439 Hijriah digelar oleh Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Bulukumba dengan menggelar Takbir Keliling menggunakan kendaraan roda 4 yang sudah dihias, Kamis, 14 Juni 2018. Takbir keliling yang...

Di Mekkah Warga Bulukumba Shalat Gaib Untuk Almarhumah Istri Bupati

  Keindahan kehidupan dunia ini karena adanya misteri. Rezki, jodoh, kematian adalah misteri bagi umat manusia. Mereka tidak tahu kapan dan dimana akan dia dapatkan. Setelah itu terjadi, barulah kita manusia menyadarinya. Tidak terkecuali...

Selamat Jalan Ibunda Rosna Rosman

  Innalilahi wainnailaihi rajiun. Bulukumba berduka, pasalnya di penghujung bulan ramadhan 1439 Hijriah, kabar duka menghampiri masyarakat Kabupaten Bulukumba, istri tercinta Bupati Bulukumba, A.M. Sukri A. Sappewali, Dra. Hj. Rosna Rosman...