Desa Kahayya Segera Terang

Mulyadi_ganie , 02 Maret 2018

Dalam pengembangan Desa Kahayya, selain pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan, Pemerintah Kabupaten Bulukumba juga berupaya memasukkan aliran listrik di desa yang berbatasan dengan Kabupaten Sinjai ini dengan menggandeng pihak PT PLN (Persero) Bulukumba. Melalui program Listrik Masuk Desa (Lisdes) pekerjaan instalasi kabel dan tiang listrik akan dilaksanakan bulan Maret ini sepanjang 3,75 kilometer.

Unit Percepatan Pembangunan Kelistrikan (UPPK) Bagian PIC Lisdes area Bulukumba, Muhammad Idris Limpo mengatakan, realisasi tersebut sesuai permintaan Pemerintah Kabupaten Bulukumba melalui aspirasi masyarakat.

Pengerjaannya akan  dilakukan segera setelah tiang yang sekarang ini sudah berada di pelabuhan dimobilisasi ke Kahayya. Dari hitungan asumsi jarak 50 meter untuk titik tiang diperkirakan jumlah tiang akan dipasang di atas 70 unit.

“Begitu tiangnya diangkut ke sana kita sudah bekerja, Kira-kira akan dipasang tiang 70 lebih yang diperuntukan di sana jenis tiang 11,” ungkapnya.

Sejauh 3,75 km untuk program Lisdes itu, kata Idris dari hasil survey lapangan mencapai di kota pedesaan, yakni di sekitar kantor Desa Kahayya. Meski begitu diharapkan dapat mengaliri semua dusun di sana. Diharapkan pula kepada masyarakat setempat untuk  memudahkan pelaksanaan proyek Lisdes ini.

“Pembangunan jaringan listrik ini diharapkan tidak terhalangi dengan lahan dan pohon masyarakat, karena PLN tidak ada anggaran pembebasan lahan,” pintanya.

Setelah mengaliri Kahayya, lanjut Idris proyek Lisdes di Bulukumba rampung 100 persen. Meskipun diakui permohonan dari Bulukumba masih ada sejumlah kampung yang belum tersentuh namun keseluruhan listrik PLN sudah menjangkau desa. 

“Banyak permohonan yang masuk, termasuk Kahayya, tapi kita kan melihat skala prioritas. Murni desa yang belum berlistrik memang seperti Kahayya yang diutamakan,” katanya.

Desa Kahayya menjadi salah satu wilayah prioritas pengembangan wisata di Bulukumba yang terkenal dengan kopi Kahayya dan puncak Donggia-nya.

Pada bulan September mendatang akan digelar dua event wisata yakni Senandung Kopi Kahayya (8 September), Adventure Trail Kahayya (9 September).(A3)

Artikel Lainnya :

Menuju Pariwisata Internasional, Pemkab Bulukumba MoU dengan Pemprov Sul Sel

  Dalam rangka pengembangan pariwisata Bulukumba, Pemerintah Kabupaten Bulukumba bersama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menandatangani perjanjian kerjasama Pariwisata Bulukumba Go Internasional, di Hotel Claro, Selasa 4 November...

BPJS Tenaga Kerja Harap Tenaga Honor Pemda Ikut Menjadi Peserta

  Pihak BPJS Tenaga Kerja terus berupaya meningkatkan jumlah kepesertaannya, termasuk dari para tenaga honorer di lingkup Pemerintah Kabupaten Bulukumba. Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Pemasaran BPJS Tenaga Kerja Cabang Makassar, Harry...

Ramah Tamah HUT Korpri Dirangkai dengan Maulid Nabi Muhammad SAW

  Jajaran Pemerintah Kabupaten Bulukumba merangkaikan ramah tamah dalam rangka HUT Korpri dan PGRI, dengan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, yang dilaksanakan di rumah jabatan Bupati, Kamis malam (29/11). Ratusan undangan dari unsur...

Bupati dan Wabup Coffee Morning dengan Para Jurnalis.

  Usai pelaksanaan upacara HUT Korpri di lapangan Pemuda. Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba melakukan Coffee Morning dengan para jurnalis yang ada di Kabupaten Bulukumba, di ruang Rapat Bupati, Kamis (29/11). Pada pertemuan itu, Bupati...