Desa Kahayya Segera Terang

Mulyadi_ganie , 02 Maret 2018

Dalam pengembangan Desa Kahayya, selain pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan, Pemerintah Kabupaten Bulukumba juga berupaya memasukkan aliran listrik di desa yang berbatasan dengan Kabupaten Sinjai ini dengan menggandeng pihak PT PLN (Persero) Bulukumba. Melalui program Listrik Masuk Desa (Lisdes) pekerjaan instalasi kabel dan tiang listrik akan dilaksanakan bulan Maret ini sepanjang 3,75 kilometer.

Unit Percepatan Pembangunan Kelistrikan (UPPK) Bagian PIC Lisdes area Bulukumba, Muhammad Idris Limpo mengatakan, realisasi tersebut sesuai permintaan Pemerintah Kabupaten Bulukumba melalui aspirasi masyarakat.

Pengerjaannya akan  dilakukan segera setelah tiang yang sekarang ini sudah berada di pelabuhan dimobilisasi ke Kahayya. Dari hitungan asumsi jarak 50 meter untuk titik tiang diperkirakan jumlah tiang akan dipasang di atas 70 unit.

“Begitu tiangnya diangkut ke sana kita sudah bekerja, Kira-kira akan dipasang tiang 70 lebih yang diperuntukan di sana jenis tiang 11,” ungkapnya.

Sejauh 3,75 km untuk program Lisdes itu, kata Idris dari hasil survey lapangan mencapai di kota pedesaan, yakni di sekitar kantor Desa Kahayya. Meski begitu diharapkan dapat mengaliri semua dusun di sana. Diharapkan pula kepada masyarakat setempat untuk  memudahkan pelaksanaan proyek Lisdes ini.

“Pembangunan jaringan listrik ini diharapkan tidak terhalangi dengan lahan dan pohon masyarakat, karena PLN tidak ada anggaran pembebasan lahan,” pintanya.

Setelah mengaliri Kahayya, lanjut Idris proyek Lisdes di Bulukumba rampung 100 persen. Meskipun diakui permohonan dari Bulukumba masih ada sejumlah kampung yang belum tersentuh namun keseluruhan listrik PLN sudah menjangkau desa. 

“Banyak permohonan yang masuk, termasuk Kahayya, tapi kita kan melihat skala prioritas. Murni desa yang belum berlistrik memang seperti Kahayya yang diutamakan,” katanya.

Desa Kahayya menjadi salah satu wilayah prioritas pengembangan wisata di Bulukumba yang terkenal dengan kopi Kahayya dan puncak Donggia-nya.

Pada bulan September mendatang akan digelar dua event wisata yakni Senandung Kopi Kahayya (8 September), Adventure Trail Kahayya (9 September).(A3)

Artikel Lainnya :

Kepala BKPSDM Bulukumba Gagas Komunitas Macca

  Menyikapi dan merespons hak ASN dalam peningkatan kompetensinya, Kepala Badan Kepegawaian dan Peningkatan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Andi Ade Ariadi menggagas “Komunitas Macca” (Macca Community). Pembentukan Komunitas ini...

Bupati Serahkan Ranperda APBD-Perubahan 2018 Ke DPRD Bulukumba

  Bupati Bulukumba Andi Sukri Sappewali, menyerahkan rancangan peraturan daerah (ranperda) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun anggaran 2018 ke DPRD Bulukumba, Rabu (19/9/2018). Penyerahan Ranperda APBD-P...

Penguatan Implementasi Sistem Pengendalian Intern Menuju Level 3 Maturitas SPIP

  Penyelenggaraan pemerintahan daerah yang telah diimplementasikan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sampai saat ini telah berjalan dengan baik, terbukti Pemerintah Daerah telah meraih opini WTP sebanyak 6 (enam) kali sejak tahun 2013...

Gubernur Tutup Festival Pinisi

  NA : Kami Akan Perjuangkan Bandara Bira Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah menyampaikan penghargaan dan apresiasi kepada pemerintah dan masyarakat Kabupaten Bulukumba yang konsisten melaksanakan event Festival Pinisi ke 9...