Bupati dan Wabup Bone Ziarah ke Makam Raja Bone ke-9 Lapattawe di Bulukumba

Bupati dan Wabup Bone Ziarah ke Makam Raja Bone ke-9 Lapattawe di Bulukumba

Bulukumba,- Bupati Bone Dr. H. A. Fahsar M. Padjalangi, M.Si didampingi Wakil Bupati Bone Drs. H. Ambo Dalle, MM Bersama Forkopimda Kabupaten Bone dan jajaran Pemkab Bone melaksanakan ziarah ke makam Raja Bone ke-9 La Pattawe’ Matinroe ri Bettung di Desa Dampang Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba.

Sebelum ziarah ke makam Lapattawe, rombongan yang dipimpin Bupati Bone Fahsar Padjalangi diterima dan dijamu oleh Wakil Bupati Bulukumba Andi Edy Manaf di rumah jabatan Bupati Bulukumba, Selasa 15 Maret 2022.

Sebelum bergerak untuk ziarah ke lokasi makam Raja Bone Lapattawe, Bupati Bone Fahsar Padjalangi memasangkan songkok recca khas Bone kepada Wabup Edy Manaf yang sebelumnya mengenakan Passapu khas Kajang di kepalanya.

Bupati Bone mengatakan, ziarah makam Raja Bone yang dilaksanakan ini adalah bagian dari rangkaian peringatan Hari Jadi Bone ke-692.

“Selain mengenang almarhum Puatta Raja Bone, kunjungan yang kita laksanakan hari ini juga untuk mempererat hubungan kekerabatan antara Bone – Bulukumba dan Bone – Bantaeng,” ungkapnya.

Sementara itu Wakil Bupati Edy Manaf menyampaikan selamat datang kepada Bupati dan Wakil Bupati Bone dan rombongan.

"Sebuah kehormatan dan kebanggaan bagi kami masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Bulukumba, oleh karena Bupati Bone bersama rombongan dapat berkunjung di Kabupaten Bulukumba untuk ziarah ke makam leluhur Raja Bone di luar daerah Bone," ungkapnya.

Jika merunut sejarah di masa lalu, maka Kabupaten Bulukumba dan Kabupaten Bone memiliki entitas dan budaya yang tidak bisa dipisahkan. Bulukumba adalah bagian dari Bone, begitu pula sebaliknya.

Hal ini dibuktikan dengan adanya makam Raja Bone La Pattawe Daeng Soreang Arung Kaju di Kabupaten Bulukumba.

"Jadi kunjungan ini ibaratnya kunjungan persaudaraan dari Kabupaten Bone kepada saudaranya di Kabupaten Bulukumba," kata Edy Manaf.

Dari Bulukumba, Bupati Bone bersama rombongan melanjutkan rangkaian ziarah makam Raja Bone ke-11 La Tenriruwa Sultan Adam di Kabupaten Bantaeng.

Untuk diketahui La Pattawe Daeng Soreang Matinroe ri Bettung Bulukumba adalah raja Bone ke-9 yang memerintah 1565-1602.

Sementara La Tenriruwa Sultan Adam Matinroe ri Bantaeng adalah raja Bone ke-11 yang memerintah tahun 1611-1616. (**)

Postingan Lainnya