Bulukumba Terima Bantuan Kapal Cepat Evakuasi 1 Unit

Mulyadi_ganie , 14 November 2017

 

Pemerintah Kabupaten Bulukumba tahun 2017 ini mendapatkan bantuan berupa 1 (satu) unit Kapal Cepat Evakuasi dari Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB). Kepastian mendapatkan bantuan tersebut diketahui dengan adanya Surat Pernyataan Bupati Bulukumba bersedia menerima hibah Barang Milik Negara berupa Kapal Cepat Evakuasi dari BNPB pada akhir Oktober yang lalu.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Andi Akrim Amir, pada tahun anggaran 2017 ini, Bulukumba menjadi salah satu dari 32 kabupaten kota di seluruh Indonesia yang mendapatkan bantuan Kapal Cepat Evakuasi, bahkan satu-satunya pemda yang mendapatkan bantuan di Provinsi Sulawesi Selatan.

“Bantuan dari pusat ini berkat upaya koordinasi yang intens dengan BNPB, termasuk BPBD Bulukumba dinilai aktif dalam kegiatan Peringatan Bulan Pengurangan Resiko Bencana yang digelar tiap tahunnya. Jadi tahun depan Insya Allah kita akan mendapatkan bantuan lagi dari pusat,” ungkapnya.

Untuk pelaksanaan operasinya, lanjut Akrim, pihak BNPB juga meminta utusan dari BPD yang akan menjadi operator atau sopir dari kapal tersebut untuk pengenalan dan pelatihan mengoperasionalkan armada kapal tersebut pada akhir Oktober yang lalu di Hotel Mercure Ancol.

Dikatakannya, pihaknya sisa menunggu pengiriman kapal tersebut tiba di Bulukumba paling lambat akhir bulan November 2017 ini, untuk selanjutnya akan di stand by kan di pelabuhan Leppe’e kota Bulukumba. Pihaknya, kata Akrim merasa bersyukur karena ada tambahan armada yang akan memudahkan BPBD Bulukumba dalam menanggulangi bencana, khususnya di daerah perairan Bulukumba.

Sekedar diketahui pantai Bulukumba sepanjang 128 kilometer yang berada di jazirah Selat Makassar dan Teluk Bone, yang rawan terjadinya kecelakaan perahu laut yang mengakibatkan korban jiwa.(A3)

Artikel Lainnya :

MTQ ke-46 Bulukumba, Bupati Tambah Hadiah Bagi Kontingen Perebut Juara Umum dari Bulukumpa

  Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 46 Tingkat Kabupaten Bulukumba di Lapangan Remaja Kecamatan Bulukumpa, Senin malam (19/2/2018). Ribuan warga Bulukumba yang datang dari 10 Kecamatan...

Siswa SMA Diajari Kiat Masuk Sekolah Tinggi Kedinasan

  Jelang tamat SMA, ratusan siswa dan siswi yang saat ini duduk di bangku kelas 12 mengikuti sosialisasi terkait kiat dan strategi menembus perguruan tinggi atau sekolah tinggi kedinasan di ruang Pola Kantor Bupati, Senin 19 Februari...

JHK2 Diikuti 200 off roader dan 600 Crosser

Masih dalam rangkaian Hari Jadi Bulukumba ke 58, Indonesian Offroad Federation (IOF) Sulawesi Selatan Pengcab Bulukumba kembali menggelar Kompetisi Offroad Jelajah Hutan Karet yang kedua kalinya (JHK2). Pesertanya terdiri dari 600 rider.Selain...

Delegasi Delapan Negara Belajar di Masyarakat Adat Ammatoa

  Sedikitnya 28 peserta yang tergabung dalam Dedicated Grand Mecanism (DGM) yang terdiri dari delapan negara, berkunjung ke Kabupaten Bulukumba, Rabu (14/2/2018). Kedelapan negara asal peserta tersebut yakni Ekuador, Thailand, Nepal, Myanmar,...