Organisasi Perangkat Desa di Bulukumba Terbentuk Bupati: PPDI Bukan Lawan APDESI

Organisasi Perangkat Desa di Bulukumba Terbentuk Bupati: PPDI Bukan Lawan APDESI

Bulukumba,- Sebagai wadah dalam meningkatkan sumber daya dan kapasitasnya, para perangkat desa se Kabupaten Bulukumba membentuk kepengurusan organisasi Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Bulukumba. Organisasi PPDI ini memiliki juga memiliki kepengurusan di pusat dan provinsi.

Puluhan Pengurus PPDI Kabupaten Bulukumba periode 2020-2025 dikukuhkan langsung oleh Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali di halaman Kantor Bupati, Kamis 10 September 2020. Terpilih sebagai Ketua adalah Sappewali Kutong (perangkat Desa Tugondeng Kecamatan Herlang, Sekretaris, Aril (perangkat Desa Batulohe Kecamatan Bulukumpa) dan Bendahara Leni Marlina (perangkat Desa Polewali Kecamatan Gantarang)

Saat pengukuhan, Ketua Sappewali Kutong menerima bendera Pataka dari pengurus wilayah PPDI Sulawesi Selatan yang diwakili oleh Sekretaris Umum, Muh Alqodri Muis. Alqodri menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bulukumba yang sangat merespon dan memfasilitasi terbentuknya PPDI Kabupaten Bulukumba.
“Harapan kami selaku pengurus wilayah, teman-teman pengurus yang sudah dilantik untuk segera konsolidasi agar organisasi ini bisa berjalan sesuai dengan tujuan ingin kita capai bersama,” beber Alqodri.

Sementara itu Bupati AM Sukri Sappewali dalam sambutannya menyampaikan bahwa PPDI yang terbentuk ini bukan menjadi lawan dari APDESI (Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia), namun PPDI adalah bagian dari APDESI untuk saling bekerjasama dalam pembangunan desa.

“Tugas, fungsi dan tanggungjawab para perangkat desa, sebanyak 1061 orang tidak bisa dianggap remeh atau dipandang sebelah mata. Kesuksesan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan desa tidak terlepas dari peran penting para perangkat desa itu sendiri,” kata AM Sukri Sappewali.

Perangkat desa, lanjutnya memiliki peran vital dalam perencanaan, pelaksanaan dan monitoring pembangunan di desa. Sekaligus menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Turut hadir dalam pengukuhan tersebut, Forkominda, Kepala Dinas PMD Andi Kurniady, para camat dan para kepala desa se Kabupaten Bulukumba.

- A3 -

Postingan Lainnya