Bupati Bulukumba Terima Penghargaan Rastra

Mulyadi_ganie , 17 Mei 2017

Bupati Bulukumba AM Sukri A Sappewali, menerima penghargaan dari Gubernur Sulawesi Selatan di Makassar. Penghargaan tersebut diberikan, karena Pemkab Bulukumba  berhasil dalam pengelolaan beras miskin atau raskin tahun sebelumnya.

Penghargaan Gubernur Sulsel ini diserahkan Sekretaris Daerah Pemprov Sulsel, Ir Abd Latif di acara Sosialisasi Program Subsidi Rastra (Beras Sejahtera) dulu disebut Raskin di Kantor Gubernur Sulsel, Rabu 17 Mei 2017. Sosialisasi program subsidi Rastra 2017 dilaksanakan Pemprov Sulsel bekerjasama Perum Bulog Sulsel.  

Adabeberapa kategori penghargaan kepada sejumlah kabupaten/kota di Sulsel. Beberapa kategori itu adalah -pelunasan Harga Tebus Raskin (HTR) secara tunai cash and carry, pelunasan  HTR melalui APBD, penyaluran dan pelunasan HTR tercepat, pengelolaan adminitrasi terbaik, serta dukungan pemda teraktif.  

Kabupaten/kota yang menerima penghargaan adalah Jeneponto, Soppeng, Palopo, Wajo, dan Pare Pare. Sementara, Pemkab Bulukumba mendapat penghargaan kategori pelunasan Harga Tebus Raskin (HTR) secara tunai cash and carry. Seleksi dilaksanakan berdasarkan evaluasi data usulan dari Sub Divre Bulog di daerah. Data tersebut kemudian divalidasi sesuai dokumen yang diajukan.  

Tahun 2017 ini, Pemkab Bulukumba mendapatkan jatah  penerima beras miskin atau Rastra Sebanyak 18.652 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Jatah penerima Rastra untuk Bulukumba, turun dibanding dengan tahun sebelumnya.

Bupati Bulukumba AMSukri Sappewali,  mengapresiasi penghargaan yang diberikan oleh Pemprov Sulsel. Menurutnya pengelolaan Rastra atau raskin oleh pemerintah memang harus lebih baik, karena ini terkait dengan hak orang miskin.

Sekda Pemprop Sulsel, Ir Abd Latif, yang membawakan sambutan Gubernur Sulsel, mengatakan alokasi raskin atau Rastra tahun 2017 turun dari tahun sebelumnya. Penurunan tersebut disebabkan karena Indeks Kemiskinan Sulsel turun. Sulsel sebagai daerah agraris sebahagian besar masyarakatnya hidup di sektor pertanian. 

“Pemprov Sulsel dalam melaksanakan pembangunannya, telah mencanangkan program-program yang diperuntukkan bagi peningkatan produksi dan produktivitas komoditi unggulan daerah, salah satunya adalah beras” pinta Abdul Latif.(A3)

Artikel Lainnya :

Tim Jawa Barat dan Yogyakarta Tiba Malam Ini, Dijemput Di Bandara

Peserta Sirkuit Nasional Voli Pantai Open Seri II yang dibuka pada 27 September mendatang kini mulai berdatangan. Senin malam ini (25/9) rombongan tim dari Provinsi Jawa Barat dan Yogyakarta sudah tiba di Bulukumba. Jumlah rombongan Jawa Barat...

Wabup Tutup Kejuaraan Bulutangkis Eful Cup 2017

Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto menutup secara resmi turnamen Bulutangkis Eful Cup 2017 yang diselenggarakan di GOR PB Eful Jl. Mangga Kelurahan Tanete, Minggu malam (24/9). Turnamen Bulutangkis yang digelar selama dua minggu tersebut...

Bupati Jamu Tim Surveyor KARS. Tim Bekerja Selama 4 Hari

Tim Surveyor Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) Jakarta kembali mengunjungi Bulukumba. Setibanya di Bulukumba, Tim KARS yang berjumlah 4 orang tersebut dijamu makan malam di rumah jabatan Bupati Bulukumba, Minggu (24/9). Kedatangan mereka untuk...

Sirnas Digelar, Dinas Pariwisata dan Masyarakat Juga Ikut Berbenah

Jelang pelaksanaan Sirkuit Nasional Voli Pantai Open Seri II yang dibuka pada 27 September mendatang, Dinas Pariwisata juga ikut membenahi Pantai Bira yang dijadikan lokasi pelaksanaan event olahraga skala nasional tersebut. Puluhan lapak penjual...